Pertama kali dalam sejarah, mobil otomatis alami kecelakaan

Selasa, 1 Maret 2016 12:15 Reporter : Indra Cahya
Pertama kali dalam sejarah, mobil otomatis alami kecelakaan Google Lexus. © cnbc.com

Merdeka.com - Uji coba dilakukan agar tercipta kesempurnaan. Termasuk mobil otomatis Google, yang akhirnya mengalami kecelakaan.

Dilansir dari CNBC (1/3), mobil otomatis yang dijalankan dengan software tersebut menabrak sebuah bus kota. Kecelakaan ini terjadi di Mountain View, California, pada 14 Februari lalu. Peristiwa ini diklaim sebagai kecelakaan pertama yang melibatkan mobil otomatis.

Dari laporan pihak mereka, Google menyatakan bahwa kendaraan otomatis berupa Lexus RX450h tersebut sedang berjalan dengan kecepatan yang tidak lebih dari 3 kilometer per jam. Sementara bus berjalan di kecepatan 25 kilometer per jam.

Dalam pernyataannya juga dijelaskan bahwa bus tersebut sengaja memelankan diri untuk mempersilakan mobil otomatis untuk lewat. Namun seketika, mobil Google yang ada dalam mode otomatisnya, tiba-tiba masuk ke lajur tengah dan menabrak bagian samping bus. Hal ini menyebabkan kerusakan pada spakbor depan, sensor pengemudi, dan roda belakang pada mobil otomatis. Tidak ada yang terluka pada peristiwa ini. Google juga bertanggung jawab atas kerusakan yang diderita pihak bus kota.

Karena kejadian ini, Google menyatakan juga bahwa pihaknya akan lebih mengerti bila bus atau kendaraan besar lainnya, cenderung mengalah kepada mobil otomatis, ketimbang kendaraan besar lainnya. Google pun berharap bisa menangani kejadian seperti ini dengan lebih baik di kemudian hari. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Kecelakaan Mobil
  3. Lexus
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini