Lihat foto planet Jupiter pertama yang dikirim 'Juno'

Rabu, 13 Juli 2016 14:46 Reporter : Bramy Biantoro
Lihat foto planet Jupiter pertama yang dikirim 'Juno' Planet Jupiter. © techinsider.io

Merdeka.com - Tanggal 5 Juli 2016 lalu, satelit NASA 'Juno' akhirnya sampai di planet Jupiter setelah melalui perjalanan selama 5 tahun dari Bumi. Seminggu setelah kedatangannya, Juno akhirnya mengirimkan foto pertama dari Jupiter.

Menggunakan kamera canggih 'JunoCam', satelit itu berhasil memotret bintik merah raksasa Jupiter yang terkenal. Tidak sendiri, nampak pula Io, Europa, dan Ganymede, tiga bulan raksasa milik Jupiter.

Foto pertama satelit Juno © NASA/Caltech

"Hasil foto dari JunoCam menjadi indikasi bila satelit ini berhasil melewati masa kritis akibat hantaman radiasi tanpa dampak negatif dan siap mengeksplorasi Jupiter lebih dalam," ujar Scott Bolton, ilmuwan dari Southwest Research Institute San Antonio.

Walaupun sudah berada di orbit Jupiter, saat ii Juno masih berjarak 2,7 juta mil dari planet terbesar di tata surya itu. Foto jarak dekat pertama baru akan diambil pada tanggal 27 Agustus nanti.

Juno akan menghabiskan waktu 20 bulan ke depan untuk memotret Jupiter dari sisi yang belum pernah dilihat oleh manusia sebelumnya. Di akhir misinya nanti, Juno bakal terbang ke atmosfer Jupiter untuk melakukan kontak terdekat dengan Jupiter sebelum akhirnya hancur. [bbo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini