Liam, robot Apple yang 'hancurkan' iPhone bekas untuk daur ulang

Selasa, 22 Maret 2016 11:02 Reporter : Indra Cahya
Liam, robot Apple yang 'hancurkan' iPhone bekas untuk daur ulang Liam, robot daur ulang iPhone dari Apple. ©2016 Merdeka.com / youtube.com

Merdeka.com - Dalam event Keynote Apple yang porsi utamanya adalah merilis iPhone SE, iPad Pro 9,7 incidan iOS 9.3 terbaru, Apple juga mendedikasikan diri untuk fokus terhadap lingkungan.

Dilansir dari Techcrunch (22/3), Apple mengumumkan bahwa mereka telah membangun Liam, sebuah robot yang didesain khusus untuk menghancurkan iPhone bekas Anda. Hal ini bertujuan agar puing-puing iPhone tersebut bisa dimanfaatkan kembali untuk daur ulang. Apple sendiri memang mengimbau penggunanya untuk membuang iPhone bekasnya sembarangan, lewat peringatan di balik tiap perangkat iPhone.

Diumumkan di panggung oleh Lisa Jackson, wakil presiden divisi lingkungan, kebijakan dan insiatif sosial perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut, Lia, adalah robot industrial yang didesain khusus untuk menghancurkan iPhone, dengan cara mendeteksi komponen tertentu dari iPhone sebelum menghancurkannya. Komponen yang dapat didaur ulang dipisahkan untuk diproses.

Tidak seperti yang kita bayangkan, cara Liam untuk memanfaatkan iPhone bekas sama sekali tidak dengan cara destruktif. Justru dengan cermat sang robot memisahkan satu-satu komponen iPhone, bahkan hingga komponen terkecil seperti mur dan tempat SIM Card.

Lebih dalam lagi, Apple menggaris bawahi bahwa Liam mengamankan cobalt dan lithium dari baterai, emas dan tembaga dari kamera, perak dan platinum dari logic board dan juga lempengan alumunium.

Dengan memiliki produk Apple dan membuangnya ke tangan yang benar, yakni Liam, tentu Anda ikut andil dalam penyelamatan lingkungan. Kerja bagus, Apple!

[idc]

Topik berita Terkait:
  1. Apple
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini