Ini 4 cara ampuh cegah hacker bajak iPhone dan iCloud

Rabu, 3 September 2014 17:15 Reporter : Bramy Biantoro
Ini 4 cara ampuh cegah hacker bajak iPhone dan iCloud iPhone. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Isu peretasan iCloud telah menjadi hal yang sangat sensitif dan membuat para pengguna iPhone dan iCloud khawatir. Akibat pencurian foto-foto bugil artis Hollywood yang kabarnya didapat dari iCloud, banyak orang meragukan keamanan dari iPhone dan akun iCloud mereka.

Untuk meredam kekhawatiran massal tersebut, Apple telah melakukan investigasi dan mengatakan bila dalam kasus pencurian foto itu iCloud tidak bersalah. Media penyimpanan awan Apple tersebut diklaim tidak bersalah dan tidak dapat diretas.

Apple berpendapat bila para hacker tersebut mendapatkan data dari iCloud menggunakan metode 'Social Engineering' atau pengumpulan informasi data pengguna untuk menebak kombinasi password, username, dan jawaban pertanyaan keamanan untuk masuk akun iCloud.

Atau bisa dikatakan, para hacker itu memanfaatkan kelalaian pengguna atau kelemahan dari password yang dipakai oleh pengguna, termasuk kebiasaan-kebiasaan lain yang dapat membuat hacker dengan mudah mendapatkan informasi untuk masuk ke iCloud mereka.

Untuk mengatasi hal ini, Apple juga turut memberikan saran-saran untuk mengamankan iPhone dan iCloud di situs resmi mereka, tepatnya di situs support.apple. Selain itu, terdapat cara-cara ampuh lain yang dapat digunakan untuk mengamankan iPhone dan akun iCloud Anda. Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Ubah password Apple ID

Login iCloud. © Engadget

Cara ampuh pertama yang tergolong mudah dilakukan adalah mengganti password Apple ID Anda. Apple ID adalah alamat email dan password yang digunakan untuk dapat masuk ke layanan utama Apple, termasuk iCloud, iOS App Store, dan iTunes.

Ketika mengganti password Apple ID, pastikan password baru yang Anda masukkan terdiri dari 8 karakter (angka) yang di dalamnya terdapat setidaknya 1 huruf, 1 huruf besar, dan tidak mengandung banyak karakter yang sama secara berurutan. Ada baiknya jika password tersebut belum pernah digunakan sebelumnya dan tidak berhubungan dengan username yang Anda gunakan.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan password yang acak dan kuat adalah dengan memilih secara acak sebuah kalimat. Dari kalimat tersebut, Anda bisa menghapus seluruh huruf awal di setiap kata. Setelah itu, tinggal masukkan angka, huruf kapital, dan simbol. Dengan begitu para hacker tidak bisa menerapkan metode 'Social Engineering' pada Apple ID atau iCloud Anda.

Terdapat satu hal lagi yang perlu dilakukan, yakni merubah pertanyaan keamanan untuk beraktivitas secara online atau ketika menghubungi Apple Support. Ada baiknya, Anda merubah pertanyaan keamanan dengan hal-hal yang sifatnya sangat personal atau rahasia, begitu juga dengan jawabannya. Untuk berjaga-jaga jika Anda lupa dengan password tersebut, sebuah alamat email baru bisa ditambahkan di Apple ID.

2 dari 4 halaman

Ubah password masuk iPhone

iPhone. ©2014 Merdeka.com

Bila Anda termasuk orang yang loyal dan suka meminjamkan iPhone pada teman atau keluarga, mungkin perangkat Anda membutuhkan sebuah password masuk di lockscreen yang sering disebut 'passcode'. Meskipun terlihat sepele, passcode adalah salah satu cara terbaik untuk mengamankan smartphone saat iPhone tidak sengaja hilang atau dicuri.

Layaknya password Apple ID, lebih baik Anda membuat sebuah passcode dengan kombinasi angka atau huruf yang cukup 'random'. Hindari pemakaian password yang jamak dipakai seperti 1111, 1234, atau kata yang mudah ditebak seperti LOVE dan PASS.

Setelah Anda memasang sebuah password pada iPhone usahakan password tersebut tidak diketahui oleh orang lain, termasuk keluarga Anda sendiri. Apple juga tidak menyarankan pengguna mengirimkan sebuah passcode dan password Apple ID via email, termasuk jejaring sosial.

Jika sewaktu waktu Anda sadar bila password ini sudah diketahui oleh orang lain upayakan untuk segera menggantinya. Hal ini juga berlaku untuk password Apple ID.

3 dari 4 halaman

Pastikan keamanan layanan 'Find My iPhone' dan Photo Stream

iCloud. © Tempudada.in

Layanan yang jamak dipakai untuk menemukan iPhone yang hilang via iCloud, Find My iPhone, juga turut menjadi sorotan karena diduga mengandung bug yang dapat diretas oleh hacker. Meskipun Apple belum resmi mengonfirmasi kebenaran isu tersebut.

Namun, ada baiknya kita mengantisipasinya dengan memastikan keaktifan dari layanan tersebut. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal masuk menu 'Setting', kemudian pilih iCloud dan dilanjutkan opsi 'Find My iPhone'. Setelah itu yang harus dilakukan adalah membuka iCloud.com via PC dan pilih opsi 'Find My iPhone' lagi. Di sini Anda bisa memastikan apakah perangkat Anda sudah terdaftar dan terlacak atau belum. Hal ini juga dapat digunakan untuk memastikan apakah layanan ini tidak dimanfaatkan oleh orang lain.

Fitur lain yang juga dikeluhkan dapat dieksploitasi oleh hacker adalah 'Photo Stream'. Jika masih diseting secara normal atau 'default', Photo Stream akan secara otomatis mem-backup foto-foto ke iCloud bila terdapat koneksi Wi-Fi.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mematikan fitur otomatis Photo Stream adalah masuk ke 'Setting', lalu masuk menu iCloud. Di dalam menu tersebut matikan fungsi otomatis di pilihan 'Photos'atau 'Photo Steam' jika di iOS 6. Jika ada beberapa foto penting di dalam Photo Stream, ada baiknya foto-foto tersebut disimpan dulu di tempat lain.

4 dari 4 halaman

Gunakan sistem verifikasi dua langkah

iPhone. ©2014 Merdeka.com

Jika setelah melakukan ketiga cara sebelumnya Anda belum merasa yakin, terdapat cara lain yang lebih ekstrim, yakni dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Cara pengamanan baru ini sejatinya sudah disediakan di iCloud. Namun, mekanisme yang cukup merepotkan membuatnya jarang dipakai oleh pengguna.

Sistem verifikasi dua langkah atau 'two-step authentication' berlaku seperti dua buah gembok yang terpasang pada iCloud. Tiap kali Anda masuk ke iCloud, Apple akan mengirimkan sebuah kode untuk verifikasi pada iPhone atau perangkat Apple Anda yang lain. Kode-kode ini akan berganti setiap kali Anda mencoba login ke iCloud. Oleh sebab itu, peluang hacker untuk menembus sistem ini sangatlah kecil. Sebab, mereka harus benar-benar memegang gadget Anda untuk melakukannya.

Untuk mengaktifkan fitur pengamanan ekstra ini, Anda bisa mengunjungi My AppleID. Kemudian pilih 'Manage your Apple ID' lalu 'Password an Security' dan dilanjutkan dengan 'Two-step Verification'.

[bbo]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini