Google ikut rayakan momen jelang lebaran dengan doodle 'Mudik'

Senin, 19 Juni 2017 11:42 Reporter : Indra Cahya
Google doodle mudik 2017. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Jika Anda membuka laman Google di hari ini (19/6), maka Anda akan menemukan Google Doodle dengan tema yang sangat lekat dengan masyarakat Indonesia, mudik. Benar, Doodle ini sengaja dibuat Google menandai diawalinya musim mudik.

Doodle ini terdiri dari gambar mobil sedang berisi 5 orang keluarga yang tampak sedang mudik. Terlihat dari tumpukan kardus yang diikat di atas mobil mereka. Di tumpukan tersebut terdapat tulisan "Google".

Selain itu juga terdapat doodle berupa seseorang bersepeda motor dengan membawa kardus di bagian belakang motornya. Lalu bus dengan 'setting' kardus serupa, serta kendaraan yang terlihat seperti bajaj. Di latar belakang juga terlihat kereta api, sebagai salah satu moda transportasi pilihan untuk mudik.

Tentu hal ini sangat sesuai dengan kondisi mudik di Indonesia, di mana para pemudik dari kota membawa banyak sekali suvenir dan oleh-oleh untuk keluarga mereka. Tak heran mudik bisa direpresentasikan dengan ilustrasi tumpukan kardus yang dibawa pulang kampung.

Dalam deskripsinya tentang doodle ini, Google menjelaskan mudik sebagai masyarakat kota yang meluangkan waktunya untuk melancong jauh demi mengunjungi keluarga di kampung. Lanjut Google, para pemudik melakukan pulang kampung dengan berbagai cara yang mereka bisa: menggunakan kendaraan umum seperti kereta api dan bus, serta kendaraan pribadi seperti mobil bahkan motor.

Google juga menyebut berbagai fakta unik tentang mudik, yakni mudik gratis yang jadi hal yang ditawarkan pemerintah lokal tiap tahunnya, serta Jakarta yang seakan jadi kota mati ketika mudik. Bahkan penggunaan listrik di Jakarta turun hingga 70 persen selama masa mudik. [idc]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.