Catat Ini Rangkaian Impactful #SerunyaBelajar Ada di TikTok

Kamis, 30 Juni 2022 13:19 Reporter : Stella Maris
Catat Ini Rangkaian Impactful #SerunyaBelajar Ada di TikTok Kampanye Edukasi TikTok. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Selama dua tahun terakhir, TikTok menjadi salah satu platform yang mendapat antusias dari para penggunanya. Jutaan konten inspiratif, mengedukasi, dan menghibur jadi alasan mengapa TikTok menjadi platform yang kian digemari kaum muda saat ini.

Kevin Chandra selaku Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia mengatakan, perkembangan dan keberhasilan TikTok tersebut nggak lepas dari dukungan dan kontribusi komunitas TikTok. Apalagi saat TikTok menggelar kampanye #SamaSamaBelajar yang mendulang kesuksesan.

Gimana nggak dibilang sukses, buktinya lewat kampanye edukasi tersebut, TikTok mendapatkan lebih dari 95 miliar views, loh! Bahkan kategori edukasi di TikTok merupakan top kategori yang berkembang sangat pesat, termasuk konten seputar life-hacks, tips karier, belajar hingga
bisnis.

Kampanye tersebut juga sejalan dengan pembelajaran melalui platform digital yang didorong oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Metode pembelajaran digital juga menjadi upaya Kemendikbudristek menciptakan lingkungan internet yang sehat sebagai media belajar.

serunyabelajar ada di tiktok
©Cinta Laura/Daniel Kampua

Melihat keberhasilan kampanye edukasi sebelumnya, kini TikTok kembali menghadirkan kampanye edukasi yang nggak kalah informatif dan menghibur. Adalah #SerunyaBelajar Ada di TikTok.

Ini merupakan kampanye yang mendorong terciptanya konten edukasi seru dan bermanfaat, sekaligus menyemarakkan kegiatan edukatif yang mengajak partisipasi aktif dari komunitas TikTok. Nah, untuk menyemarakkan semangat belajar yang menyenangkan, TikTok berkolaborasi dengan publik figur, yaitu Cinta Laura Kiehl yang sangat memperhatikan pendidikan dan pertumbuhan konten edukasi.

"Aku senang sekali bisa menjadi bagian dari kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok. Dengan #SerunyaBelajar kita dapat belajar dengan metode lain yang lebih suitable. Belajar dengan cara yang lebih mudah diinternalisasi agar lebih mudah diaplikasikan di kehidupan nyata. Maka dari itu belajar adalah proses yang dijalani seumur hidup. Apalagi di tengah dunia yang semakin kompetitif dan digital, penting bagi kita untuk membuka pikiran dan terus belajar dengan skill baru, mengetahui tren baru agar bisa lebih baik" kata Cinta Laura Kiehl yang menjadi TikTok Edu Ambassador di Konferensi Pers #SerunyaBelajar Ada di TikTok, Rabu (29/6).

Hadirkan Konten yang Impactful

serunyabelajar ada di tiktok
Vina Muliana yang merupakan para kreator sekaligus Pemenang TikTok Awards 2020 kategori Best of Learning & Education/2022 Merdeka.com

Kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok dirancang sesuai dengan perilaku masyarakat di Indonesia, di mana sebagian besar dari mereka senang menghabiskan waktu di internet dengan mencari informasi atau inspirasi serta ide baru.

Tapi yang namanya belajar baru, nggak melulu dari buku atau bahan yang ada di bangku pendidikan formal. Kita dapat memperkaya diri dengan hal baru dengan melihat konten mengedukasi dan menghibur dari TikTok.

Selain Cinta Laura Kiehl, acara ini juga menghadirkan dua konten kreator yang mengedukasi lewat konten-konten yang relatable. Mereka adalah Tjokro Wimantara (Pak Win) dan Vina Muliana yang merupakan para kreator sekaligus Pemenang TikTok Awards 2020 kategori Best of Learning & Education.

Dalam kesempatan ini, Pak Win sharing tentang konten-konten seputar usaha atau bisnis yang dibuatkan di TikTok. Menurutnya, kontennya punya impack yang jauh lebih besar karena bisa menjangkau ratusan ribu orang.

"Selain itu, banyak sekali user yang DM tentang pengalaman mereka. Ini adalah imbas dari konten dari konten yang saya buat dan jadi ada kepuasan tersendiri. Jadi saya dan user yang banyak bercerita bisa punya spirit untuk berbagi," katanya.

Selain Pak Win, Vina yang selama 16 bulan membuat konten seputar dunia kerja mengaku kalau konten-kontennya dibuat sesuai permasalahan yang dialami kaum muda.

"Waktu pandemi saya melihat banyak corona milenial yang mencurahkan isi hati karena sulit mendapat pekerjaan. Saya melihat dan merasa, nggak ada yang memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi sampai harus curhat di platform (TikTok) tersebut. Berbekal pekerjaan saya sebagai HR professional, platform, saya membuat video tentang dunia kerja, gimana caranya bikin CV, gimana cara wawancara, dan dari situ video saya banyak diterima," kata Vina.

"Jadi memang untuk memberikan dampak, nggak harus jadi selalu seorang bos, dengan modal HP dan ring light, kita bisa memberikan impact yang sangat besar," jelas Vina lagi.

Ragam Kegiatan #SerunyaBelajar Ada di TikTok
Kevin mengatakan seluruh kegiatan kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok akan dilaksanakan mulai 27 Juni-10 Juli 2022 yang dibagi menjadi tiga kegiatan seru dan menyenangkan, yaitu:

  1. Hashtag Challenge: Ini merupakan kompetisi hashtag challenge untuk semua pengguna TikTok di atas usia 18 tahun. Ada 12 kategori konten yang dikompetisikan, di antaranya software and apps, fotografi, bisnis dan keuangan, DGI, pembelajaran sekolah, dan masih banyak lagi
  2. TikTok Live: Ini adalah serial TikTok Live dengan tema #SerunyaBelajar Bangun Masa Depan yang hadir mulai 29 Juni-7 Juli 2022
  3. Offline Creative Edu Exhibition & Hybrid Networking Party

#SerunyaBelajar Ada di TikTok akan hadir dalam kegiatan offline yang digelar di Mbloc Space yang diisi dengan Creative Edu Exhibition dan Networking Party. Khusus untuk Creative Edu Exhibition akan berlangsung mulai 4-10 Juli 2022 yang berisi instalasi edukasi menarik dan kreatif. Acara ini gratis dan terbuka bagi seluruh masyarakat dan tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Puncak acara Networking Party akan berlangsung selama 2 hari, yaitu pada 9-10 Juli 2022. Dalam sesi ini, akan ada sederet talkshow interaktif dari para super master dan kreator ternama lainnya untuk berbagi seputar bidang yang dikuasai masing-masing. Dan menghadirkan kolaborasi dengan para super master seperti Anton Ismael, Garin Nugroho, Rachel Amanda, hingga Merry Riana.

Di hari pertama, ada Rachel Amanda yang akan mengisi tema Spektrum Kepribadian Manusia di Dunia Hari Ini. Turut hadir juga Pak Win yang akan mengisi sesi Cerdas Memulai Bisnis dan Vina Muliana yang sharing seputar Mempersiapkan Karier dengan Cerdas. Terakhir ada Anton Ismael yang akan mengisi kelas fotografi lewat tema menarik Melihat Ketidakteraturan Dunia Melalui Lensa.

Lanjut di hari kedua, opening session akan menghadirkan Merry Riana yang akan berbagi inspirasi tentang Berbahagia dengan Kreativitas yang Tepat untuk Dunia. Kreator lain juga akan mengisi kelas selanjutnya, yaitu @urrofi_ yang akan berbagi dengan tema Menyambut Era Baru Audio Visual dan Erika Richardo yang mengisi kelas Berekspresi Melalui Lukisan. Terakhir, Garin Nugroho akan menutup sesi puncak hari kedua dengan tema Berkembang dan Berbagi dengan Bercerita.

Jadi, mulai sekarang kamu bisa mulai ngecek konten-konten edukasi yang inspiratif dan menghibur di TikTok yang dapat diakses melalui tagar #SerunyaBelajar di laman discovery TikTok atau melalui tautan ini untuk informasi lebih lengkap terkait kegiatan kampanye "#SerunyaBelajar Ada di TikTok"

[stm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. TikTok
  3. Cinta Laura
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini