Cara Gunakan SD Card Untuk Penyimpanan Internal Android

Jumat, 30 Agustus 2019 15:22 Reporter : Indra Cahya
Cara Gunakan SD Card Untuk Penyimpanan Internal Android Slot microSD Galaxy S7. © giga.de

Merdeka.com - Tak bisa dimungkiri, SD Card atau Kartu SD adalah salah satu opsi terbaik dan praktis untuk menyimpan data di smartphone. SD Card sendiri biasa digunakan untuk memperluas penyimpanan perangkat ponsel maupun tablet.

Meskipun smartphone Android saat ini menyediakan ruang yang cukup bagi pengguna untuk menyimpan data, penggunaan kartu memori tetap tak surut peminat.

Mungkin Anda membutuhkan penyimpanan ekstra untuk menyimpan video yang panjang, atau mungkin perlu menyimpan foto dengan resolusi tinggi. Apa pun alasannya, Kartu memorti tidak dapat digunakan untuk menyimpan file aplikasi dan game.

Android umumnya menginstal file .apk pada memori internal dan menyimpan data pada Kartu memori. Itu artinya, saat memasang aplikasi atau game, Android menggunakan memori internal dan eksternal. Namun, tak perlu pusing lagi jika penyimpanan internal terlalu sempit untuk menyimpan semua data yang Anda butuhkan di Android.

Anda bisa menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan internal Android. Bagaimana melakukannya tergantung pada versi Android apa yang Anda gunakan. Berikut cara menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan internal di Android. Melansir Liputan6.com, berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Cara menggunakan Kartu SD sebagai Penyimpanan Internal

Android Marshmallow memperkenalkan perubahan pada cara ponsel dapat menangani kartu memori, dan perubahan ini berlanjut ke versi Android selanjutnya. Anda sekarang dapat mengatur kartu microSD agar berfungsi sebagai penyimpanan internal.

Alih-alih memiliki penyimpanan internal dan eksternal yang ada sebagai ruang terpisah, Android memandang kartu sebagai perpanjangan dari memori yang terpasang di dalamnya.

Anda harus mengaturnya terlebih dahulu. Kartu Anda akan terhapus dalam proses, jadi pastikan Anda telah mencadangkan data yang Anda butuhkan. Berikut caranya:

  1. Masukkan kartu ke slot. Saat pemberitahuan Kartu SD Baru muncul, ketuk Set Up.
  2. Selanjutnya, Anda harus memilih bagaimana ponsel menggunakan kartu. Pilih Phone Storage di Android 9, atau "Use as Internal Storage" l pada versi yang lebih lama.
  3. Atau, masuk ke Settings > Storage, ketuk card, ketuk tombol menu, dan pilih Storage Settings. Ketuk Format as internal.
  4. Di layar berikutnya, ketuk Format SD Card, atau Erase & Format. Ini akan menformat kartu memori.
  5. Di Android 9, Android menawarkan kesempatan untuk memindahkan konten — termasuk aplikasi — ke kartu. Ini juga menunjukkan seberapa banyak ruang yang akan dihemat. Tekan Move Conten untuk menyelesaikan.

Fitur ini disebut Adoptable Storage, dan mengharuskan Anda menyimpan kartu memori di ponsel secara permanen. Kartu ini juga dienkripsi, jadi Anda tidak bisa memasukkannya ke perangkat lain untuk menyalin data.

Kelemahan besar untuk penyimpanan yang dapat diadopsi adalah bahwa beberapa produsen memilih untuk tidak menawarkannya pada perangkat mereka. Jika Anda tidak memilikinya, maka Anda harus terus memindahkan aplikasi ke kartu SD secara manual.

2 dari 3 halaman

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android 9.0 Pie dan Android 8.0 Oreo

Jika ponsel Anda tidak mendukung Adoptable Storage, Anda perlu mentransfer aplikasi ke kartu SD di Android Pie secara manual. Berikut langkahnya:

  1. Buka Settings > Apps & notifications > App info.
  2. Temukan aplikasi yang ingin Anda pindahkan dalam daftar dan ketuk.
  3. Pilih Penyimpanan. Jika aplikasi mendukung dipindahkan ke kartu, Anda akan melihat tombol di sini berlabel Ubah atau Change. Ketuk tombol tersebut.
  4. Pilih Kartu SD di kotak dialog Change. Ini menampilkan layar konfirmasi. Ketuk Move untuk memulai.

Untuk memindahkan aplikasi kembali ke penyimpanan internal, ulangi langkah-langkah di atas tetapi pilih Penyimpanan bersama internal di langkah terakhir. Anda harus selalu melakukan ini ketika Anda ingin mengubah atau mengeluarkan kartu memori.

3 dari 3 halaman

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android 7.0 Nougat dan Android 6.0 Marshmallow

Anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu memori pada Android 7.0 Nougat melalui Pengaturan. Namun, Anda tidak dapat memindahkan semua aplikasi, dan jika tidak mendukungnya, Anda tidak akan melihat tombol Ubah di Langkah 3.

  1. Buka Settings > Apps.
  2. Temukan aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke Kartu microSD dan ketuk di atasnya.
  3. Buka Storage > Change dan pilih kartu Anda dari kotak prompt yang terbuka.
  4. Ketuk Move untuk menyelesaikan proses.

Bergantung pada ukuran aplikasi, mungkin perlu beberapa saat untuk menyelesaikan (terutama untuk game besar), jadi jangan sentuh ponsel sampai selesai. Untuk memindahkan aplikasi kembali, ulangi langkah-langkahnya dan pilih Penyimpanan bersama internal pada Langkah 3.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Anugerah Ayu Sendari [idc]

Baca juga:
Cara Sembunyikan Status WhatsApp, Tak Kena Kepo Lagi!
Tips Ampuh Hemat Paket Data Internet, Uang Jajan Aman!
Tips Simpan Video Facebook di Android Maupun iOS
Cara Nonaktifkan Internet Untuk Aplikasi Tertentu di Android

Topik berita Terkait:
  1. Tekno Tips
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini