Cara Atur Izin Aplikasi di iPhone, Cegah Penyalahgunaan Data Pelanggan

Selasa, 29 November 2022 12:08 Reporter : Merdeka
Cara Atur Izin Aplikasi di iPhone, Cegah Penyalahgunaan Data Pelanggan iPhone. © Gizmodo.com

Merdeka.com - Saat menggunakan aplikasi iPhone untuk pertama kalinya, kamu mungkin diminta untuk memberikan akses aplikasi ke fitur lain di ponsel, seperti kamera. Dengan mengklik "Izinkan", secara tidak sadar kamu memberikan akses aplikasi ke informasi pribadimu dan orang-orang terdekat.

Dilansir dari CNET, Selasa (29/11), aplikasi tersebut dapat membagikan data pribadi ke pemasaran digital dan perusahaan teknologi iklan tanpa sepengetahuan pengguna. Perusahaan seperti Apple dan Facebook bahkan menghadapi tuntutan hukum dan denda karena diduga menyalahgunakan data pengguna itu.

Jika kamu telah memberikan izin tertentu kepada aplikasi iPhone pihak ketiga, kamu dapat mencabutnya kapan saja dengan masuk ke Pengaturan di iPhone dan klik menu Privasi & Keamanan.

Di Privasi & Keamanan, kamu dapat memilih fungsi seperti Kontak, Foto, dan Kamera untuk melihat aplikasi pihak ketiga yang meminta izin mengakses informasi ini. Misalnya pada Kontak, dapat menunjukkan bahwa aplikasi notes memiliki akses ke daftar kontakmu. Kamu dapat menonaktifkannya untuk menghentikan akses.

Selain mencabut izin aplikasi, kamu juga dapat menyesuaikan aplikasi mana yang dapat mengakses data lokasi. Jika mengklik Layanan Lokasi di dekat bagian atas menu, kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan layanan ini untuk semua atau beberapa aplikasi yang ada. Kamu juga dapat mengklik menu Bagikan Lokasi Saya untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Temukan iPhone Saya, serta dengan kontak mana kamu berbagi lokasi.

Ada juga opsi di Privasi & Keamanan yang disebut Apple Advertising. Ketuk ini untuk melihat informasi penargetan iklan Apple, dan aktifkan atau nonaktifkan iklan yang dipersonalisasi ini. Apple mengatakan mematikan iklan yang dipersonalisasi akan membuat iklan yang kamu lihat di App Store, Apple News, dan Saham menjadi kurang relevan denganmu, tetapi mungkin tidak mengurangi jumlah iklan yang kamu lihat di aplikasi tersebut.

Kamu juga dapat mengaktifkan Laporan Privasi Aplikasi dari menu Privasi & Keamanan. Laporan ini menunjukkan seberapa sering aplikasi mengakses data kita dan menunjukkan aktivitas jaringan setiap aplikasi serta domain web mana yang dihubungi aplikasi.

Untuk mengaktifkan laporan itu, klik Laporan Privasi Aplikasi, lalu Aktifkan Laporan Privasi Aplikasi. Pada awalnya, kamu tidak akan melihat informasi apa pun, tetapi saat kamu menggunakan aplikasi, laporan akan terisi. Setelah itu, aplikasi mana yang paling banyak membagikan data kita akan terlihat, dan kita dapat mengambil langkah-langkah untuk membatasi berapa banyak data yang dapat diakses oleh aplikasi tersebut.

Reporter magang: Dinda Khansa Berlian

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini