Upin Ipin Dikabarkan Diangkat dari Kisah Nyata, Rumah Produksi Buka Suara

Selasa, 18 Januari 2022 11:06 Reporter : Intan Kumalasari
Upin Ipin Dikabarkan Diangkat dari Kisah Nyata, Rumah Produksi Buka Suara upin ipin. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Baru-baru ini animasi Upin Ipin tengah menjadi perbincangan publik. Pasalnya viral sebuah video yang diunggah di TikTok yang menyebut cerita Upin Ipin diangkat dari kisah nyata. Video tersebut memperlihatkan makam Upin dan Ipin.

Pengunggah video tersebut juga memberikan keterangan animasi Upin dan Ipin diangkat dari khayalan sosok Opah. Sontak video ini ramai dan menjadi viral di berbagai media sosial.

Seperti diketahui animasi Upin dan Ipin berasal dari Malaysia. Animasi ini dibuat oleh rumah produksi Les' Copaque. Menanggapi viralnya video tersebut, pihak Les'Copaque buka suara. Mereka membantah cerita Upin Ipin diangkat dari kisah nyata. Berikut ulasan lengkapnya.

2 dari 3 halaman

Tidak Diambil dari Kisah Nyata

Les' Copaque melalui akun Twitter menanggapi terkait video yang tengah viral tersebut. Mereka mengatakan animasi Upin Ipin murni rekayasa dari Les' Copaque.

Rumah produksi membantah cerita Upin Ipin terinspirasi dari kisah nyata. Mereka menyebut, ide cerita murni ditulis oleh Les' Copaque.

"Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada," tulis akun Twitter @lescopaque.

fizi upin ipin minta maaf
YouTube/ Les' Copaque Production

3 dari 3 halaman

Cerita dari Pengisi Suara

Pihak produksi menekankan kisah Upin Ipin ditulis oleh Hajah Ainon yang merupakan pengisi suara Opah. Hajah Ainon menulis cerita dengan banyak pesan lewat animasi Upin Ipin.

"Idea asal cerita Upin & Ipin adalah dari Hajah Ainon yang juga pelakon suara Opah. Setiap cerita yang ditulis bukan sahaja mudah difahami tetapi juga sarat dengan mesej yang bermanfaat," cuit @lescopaque

Selain Hajah Ainon, Haji Burhanudin juga turut memberikan ide cerita yang dituangkan untuk animasi Upin Ipin. Haji Burhanudin merupakan pengisi suara Tok Dalang memberikan pengalaman ketika di kampung.

upin ipin©2012 Merdeka.com

Penjelasan Upin Ipin Yatim Piatu

Upin Ipin di kisahkan sebagai anak yatim piatu. Rumah produksi menjelaskan hal ini lantaran tak ada waktu untuk memberikan karakter baru. Sebelumnya, Upin Ipin merupakan produksi sampingan Les' Copaque. Namun setelah ditayangkan animasi ini disambut hangat.

"Kenapa Upin dan Ipin tiada ibu dan ayah? Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, ianya merupakan projek sampingan saja. Oleh kerana kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu," tulis @lescopaque.

upin ipin©2012 Merdeka.com

[kum]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini