4 Cara Delivery Makanan yang Aman dan Sehat Saat Social Distancing

Selasa, 7 April 2020 13:04 Reporter : Ayu Isti Prabandari
4 Cara Delivery Makanan yang Aman dan Sehat Saat Social Distancing Ilustrasi Social Distancing ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kebijakan social distancing yang diimbau pemerintah di tengah pandemi virus corona, sudah dijalankan sebagian besar masyarakat di berbagai wilayah. Masyarakat sudah mulai menerapkan bekerja dari rumah, belajar di rumah, juga beribadah di rumah. Kebijakan ini membuat masyarakat mau tidak mau harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Bahkan untuk meminimalisir aktivitas luar ruangan, sebagian masyarakat memanfaatkan pemesanan barang atau makanan via online. Mulai dari pemesanan barang-barang kebutuhan, bahan makanan mentah, hingga berbagai macam makanan siap saji.

Cara ini pun efektif untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Bukan hanya itu, cara ini juga dinilai praktis dan dapat menghemat waktu, sehingga masyarakat bisa menyelesaikan pekerjaan lain.

Namun sayangnya, timbul kekhawatiran apakah bahan makanan atau makanan yang dibawa oleh kurir aman dari kontaminasi virus. Wajar saja jika pikiran semacam ini muncul, sebab makanan yang dipesan telah melalui berbagai macam kontak.

Walaupun tidak dapat dihindari, tetapi masih ada beberapa cara agar pesan antar makanan aman dari virus dan sehat dikonsumsi.

Dilansir dari Fimela.com, berikut kami rangkum beberapa cara delivery makanan aman dan sehat yang bisa Anda lakukan selama menerapkan social distancing.

1 dari 4 halaman

Terapkan Contactless Delivery

Selama menjalani social distancing, pemesanan makanan yang aman dan sehat bisa dilakukan dengan menerapkan contactless delivery. Dalam metode ini, pesanan makanan diberikan tanpa harus melakukan kontak langsung dengan petugas pengiriman atau kurir.

Sebelumnya, Anda harus menginformasikan terlebih dulu pada petugas agar tidak memberikan makanan secara langsung. Selain itu, sediakan area yang bisa digunakan untuk menaruh makanan tersebut saat kurir datang.

Sejumlah pesanan pesan antar online pun sudah menerapkan metode ini. Dengan begitu Anda bisa segera mencoba cara ini ketika melakukan pesanan online.

2 dari 4 halaman

Gunakan Pembayaran Cashless

indonesia

2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Cara memesan makanan yang aman dan sehat selama social distancing yang kedua adalah dengan menggunakan pembayaran cashless. Cashless atau pembayaran non-tunai ini dapat secara efektif meminimalisir penyebaran kuman, bakteri serta virus.

Pasalnya, uang tunai yang biasa digunakan untuk transaksi telah berpindah dari satu orang ke orang lain hingga jumlah yan tidak terhingga. Sehingga tidak heran jika kuman, bakteri bahkan virus dapat menumpuk pada permukaan uang tersebut.

Dengan memanfaatkan dompet digital yang Anda miliki, transaksi non-tunai bisa dengan mudah dilakukan. Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi memberikan uang hingga menerima uang kembali dari kurir.

Cara ini juga dapat mengurangi kontak langsung dengan petugas pengiriman. Sehingga upaya social distancing dapat dilakukan dengan baik.

3 dari 4 halaman

Pindahkan Makanan ke Piring Bersih

Cara memesan makanan yang aman dan sehat selama social distancing berikutnya adalah dengan segera memindahkan makanan ke piring atau tempat yang lebih bersih. Setelah dipindahkan pada piring bersih, segera buang bungkus makanan yang telah digunakan pada tempat sampah.

Dalam hal ini, Anda juga dianjurkan untuk tidak lua membersihkan tempat membuka makanan yang digunakan agar tetap bersih dan bebas dari kontaminasi kuman, bakteri, serta virus.

4 dari 4 halaman

Cuci Tangan Kembali Sebelum Makan

ilustrasi cuci tangan

Pixabay

Langkah terakhir saat memesan makanan agar aman dan sehat selama social distancing, tidak lain adalah mencuci tangan. Sebelum menyantap pesanan makanan, Anda wajib mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

Pastikan setiap sela-sela tangan dapat terjangkau sehingga semua kuman bakteri yang ada dapat hilang. Selesai cuci tangan, barulah Anda bisa menyantap makanan dengan nikmat.

Langkah yang satu ini sangat penting dilakukan agar kamu terhindari dari kontaminasi kuman dan virus yang bisa membahayakan kesehatan kamu.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini