Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri & Anggota Keluarga Lainnya, Ketahui Keutamaannya

Rabu, 12 Mei 2021 15:43 Reporter : Alieza Nurulita Dewi
Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri & Anggota Keluarga Lainnya, Ketahui Keutamaannya ilustrasi zakat ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Zakat fitrah biasa dilakukan saat Bulan Ramadan hingga sebelum Idulfitri. Zakat fitrah merupakan salah satu zakat yang diwajibkan, baik laki-laki maupun perempuan Muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan menjelang Idul Fitri.

Hukum zakat fitrah ialah wajib. Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadits berikut, yang artinya:

"Rasulullah telah mewajibkan mengeluarkan Zakat Fitrah (pada bulan Ramadhan kepada setiap manusia)." (HR. Bukhari – Muslim).

Melansir dari NU Online, adapun macam-macam zakat fitrah menggunakan makanan atau kebutuhan pokok dari suatu wilayah terkait seperti beras, gandum, kurma, susu dan lain sebagainya. Menurut mayoritas pendapat ulama bahwa zakat fitrah di keluarkan dengan kadar ukuran 1 sha atau sekitar 2,5 sampai 3,0 kilogram.

Zakat fitrah juga memiliki keutamaan dan manfaat, salah satunya dapat menghilangkan kejelekan yang ada pada diri manusia. Selain itu, masih banyak keutamaan zakat fitrah lainnya yang patut diketahui umat Muslim. Berikut bacaan niat zakat fitrahuntuk diri sendiri dan anggota keluarga lainnya serta keutamaan zakat fitrah yang dilansir dari NU Online:

Baca Selanjutnya: Bacaan Niat Zakat Fitrah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini