Mengenang Perjalanan Spiritual Didi Kempot, dari Mualaf hingga Belajar Mengaji

Rabu, 6 Mei 2020 14:52 Reporter : Intan Kumalasari
Mengenang Perjalanan Spiritual Didi Kempot, dari Mualaf hingga Belajar Mengaji Didi Kempot. ©Kapanlagi.com

Merdeka.com - Dunia hiburan Indonesia kembali kehilangan sosok maestro terbaiknya. Didi Kempot dipanggil Yang Maha Kuasa. Didi Kempot meninggal pada Selasa (5/5) pukul 07.30 WIB di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo.

The Godfather of Broken Heart menghembuskan napas terakhir pada usia 53 tahun. Kabar ini tentunya mengejutkan rekan dan para penggemarnya.

Semasa hidupnya Didi Kempot dikenal sebagai legendaris campursari. Sosoknya telah menciptakan banyak lagu. Nama Didi Kempot sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia campursari. Beragam penghargaan telah ditorehkan dalam setiap karyanya. Sosok Didi Kempot kini menjadi dikenal luas di semua kalangan.

Sebelum meninggal beliau memang berada di puncak kariernya. Hampir semua kalangan mengenal sosoknya. Ia juga memiliki fans fanatik yang menyebut dirinya sadboy, sadgirl, dan sobat ambyar.

Didi Kempot semasa hidupnya dikenal sebagai seorang dermawan. Almarhum juga diketahui sebagai sosok religius. Didi Kempot memutuskan masuk Islam dan menjadi seorang mualaf pada tahun 1997 lalu.

1 dari 4 halaman

Seorang Mualaf

Didi Kempot lahir dari keluarga seniman. Ayahnya, Ranto Edi Gudel, yang biasa disapa Mbah Ranto merupakan seorang pelawak. Kakak Didi Kempot yaitu Mamiek Prakoso, yang dikenal sebagai pentolan Srimulat.

Penyanyi yang memiliki nama lengkap Dionisius Prasetyo ini awalnya penganut Kristen. Pada tahun 1997 ia menikah dengan Yan Vellia, saat itu beliau memutuskan menjadi mualaf.

keluarga didi kempot

Sumber Foto : Kapanlagi.com

2 dari 4 halaman

Belajar Mengaji

Beberapa bulan ini, Didi Kempot dekat dengan Gus Miftah. Melalui unggahan Instagram milik Gus Miftah, ia membagikan pembicaraannya dengan Didi Kempot. Gus Miftah mengungkapkan, Didi Kempot janji untuk mengaji ke pondoknya.

"Mas.. jenengan janji to mau Ngaji kepondok lagi Sebelum viral almarhum beserta isteri dan crew nya sering Ngaji kepondok. Sampai suatu saat beliau telp saya 'Terakhir kali Ngaji dan nyanyi bareng di resepsi nikahan gus @alamudin.dr kita bikin slogan: sobat ambyar vs santri ambyar, dan jenengan berbisik, besok ngaji ke pondok lagi ngeh," tulis Gus Miftah.

didi kempot

©2020 Merdeka.com/Instagram Gus Miftah

3 dari 4 halaman

Bangun Masjid

Didi Kempot memang dikenal sebagai sosok yang baik dan dermawan. Semasa hidupnya, ia membangun masjid untuk istrinya di Ngawi. Hal ini diungkapkan oleh rekan mendiang Blontank Poer di akun Facebooknya.

"Buat yang masih meragukan siapa Mas Didi, beliau seorang muslim yang dermawan. Dia juga membangun masjid di Ngawi, sebagai hadiah kepada istrinya," tulis Blontank.

didi kempot

©2020 Merdeka.com/Facebook Blontank Poer

4 dari 4 halaman

Ingin Umrohkan Keluarga

Beberapa bulan terakhir memang Didi Kempot dekat dan bergaul dengan para ustaz. Beliau dekat dengan Gus Miftah dan Gus Karim.

Didi Kempot memiliki cita-cita yang disampaikan kepada dua rekannya. Penyanyi kelahiran 1966 ini sering meminta doa untuk dapat memberangkatkan umroh seluruh keluarganya. 

 

keluarga didi kempot

Sumber Foto : Kapanlagi.com

[kum]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini