Manfaat Musyawarah Mufakat, Ketahui Tujuan dan Prinsipnya

Jumat, 26 November 2021 16:20 Reporter : Ibrahim Hasan
Manfaat Musyawarah Mufakat, Ketahui Tujuan dan Prinsipnya Ilustrasi rapat. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Sudah tidak asing musyawarah menjadi kebutuhan utama dalam bermasyarakat atau berhubungan dengan orang banyak. Keberadaan musyawarah juga sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Namun, apa manfaat musyawarah yang sebenarnya? Meskipun sudah biasa, namun setiap orang wajib tahu manfaat musyawarah.

Contoh mudah musyawarah yang dapat dijumpai ialah dalam lingkup keluarga, musyawarah untuk menentukan tugas bersih-bersih rumah hingga menentukan tempat liburan. Hingga tingkat negara para anggota DPR yang merumuskan undang-undang.

Manfaat musyawarah tidak lepas dari produk musyawarah yakni mufakat atau hasil kesepakatan bersama. Manfaat musyawarah seperti menyatukan perbedaan pendapat, menumbuhkan rasa kebersamaan, melatih mengemukakan pendapat, hingga menyimpulkan kebenaran.

Dalam praktiknya, manfaat musyawarah dilaksanakan dan diiringi dengan tujuan dan prinsipnya dalam kehidupan. Untuk itu, berikut ulasan manfaat musyawarah beserta pengertian dan tujuannya melansir dari Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Manfaat Musyawarah dan Tujuannya

ilustrasi rapat karyawan

©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Vitchanan Photography 

Manfaat Musyawarah

Sebuah persoalan dapat diatasi dengan mengedepankan musyawarah. Berikut manfaat musyawarah:

1. Menumbuhkan rasa kebersamaan.
2. Dapat menyatukan perbedaan pendapat.
3. Nilai keadilan pada hasil keputusan yang dibuat.
4. Ajang melatih diri untuk mengemukakan pendapat.
5. Masalah dapat segera terpecahkan.
6. Hasil keputusan yang diambil menguntungkan semua pihak.
7. Dapat mengambil kesimpulan yang benar.
8. Mencari kebenaran dan menjaga diri dari kekeliruan.
9. Menghindari celaan.
10. Terciptanya stabilitas emosi.

Tujuan Musyawarah

Persoalan akan dapat terselesaikan dengan cepat dengan adanya musyawarah untuk mufakat. Mufakat adalah produk utama dari tindakan musyawarah. Berikut beberapa tujuan musyawarah yang perlu kamu ketahui:

1. Menghasilkan kesepakatan bersama sehingga keputusan akhir yang diambil dalam musyawarah dapat diterima dan dilaksanakan oleh semua anggota dengan penuh rasa tanggung jawab.

2. Menyelesaikan kesulitan dan memberikan kesempatan untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang sehingga keputusan yang dihasilkan sesuai persepsi dan standar anggota musyawarah. Keputusan yang diambil dengan musyawarah akan lebih berbobot karena di dalamnya terdapat pemikiran, pendapat, dan ilmu dari para anggotanya.

3 dari 4 halaman

Pengertian Musyawarah Mufakat

Menurut KBBI

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan musyawarah merupakan pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah. Musyawarah adalah perundingan ataupun perembukan. Musyawarah adalah kegiatan yang dilandasi kepentingan bersama dan memiliki tujuan bersama.

 

Menurut Islam

Musyawarah adalah sebuah istilah yang berasal dari kata Syawara dalam Bahasa Arab yang berarti berunding, urun rembuk, atau mengatakan dan mengajukan sesuatu. Sudut pandang Islam punya pedoman mengenai apa itu musyawarah, yang termaktub dalam Al-Qur`an. Sebagaimana dijelaskan dalam Surat Asy-Syura ayat 38 yang artinya:

 

Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhan-Nya dan mendirikan

sholat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan

mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang kami berikan kepada mereka.”

Dari ayat tersebut, dengan jelas diterangkan dalam menghadapi sebuah urusan, diperintahkan untuk melakukan musyawarah secara bersama-sama. Bahwa dengan musyawarah, mereka tergolong sebagai orang yang patuh kepada seruan Tuhan. 

 

Menurut Demokrasi Pancasila

Istilah musyawarah adalah kata yang juga dikenal dengan sebutan lainnya seperti “syuro”, “rembug desa”, “kerapatan nagari” dan “demokrasi”.  Musyawarah untuk mufakat adalah salah satu ciri dari Demokrasi Pancasila. 

Musyawarah adalah bagian penting dari demokrasi. Musyawarah juga memiliki manfaat dalam kegiatan sehari-hari untuk mencapai mufakat pada kepentingan masyarakat banyak maupun dalam keluarga.

Lain halnya dengan voting atau pemungutan suara yang jika terjadi kebuntuan pemecahan masalah yang berkepanjangan. Demokrasi tidaklah sama dengan voting. Voting cenderung dipilih oleh sebagian besar negara demokrasi karena lebih praktis, menghemat waktu dan lebih simpel daripada musyawarah yang berbelit-belit. Voting adalah salah satu cara dalam mekanisme penentuan pendapat dalam sistem demokrasi.

 

Pengertian Mufakat

Musyawarah adalah langkah untuk mencapai mufakat atau kesepakatan. KBBI menjelaskan mufakat adalah hasil musyawarah yang semua orang sepakat dan tidak seorang pun yang menolak sebuah usulan. Namun untuk mencapai mufakat perlu mengedepankan prinsip musyawarah. 

4 dari 4 halaman

Prinsip Musyawarah

1. Setiap peserta musyawarah mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam mengeluarkan pendapat.

2. Setiap keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan dan tidak boleh bertentangan dengan Pancasila serta UUD 1945.

3. Musyawarah bersumber pada paham sila keempat Pancasila.

4. Setiap keputusan, baik sebagai hasil mufakat maupun berdasarkan suara terbanyak harus diterima dan dilaksanakan.

5. Apabila cara musyawarah untuk mufakat tidak dapat dicapai dan telah diupayakan berkali-kali maka dapat digunakan cara lain yaitu dengan pengambilan suara terbanyak (voting).

[Ibr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini