Manfaat Diet OCD ala Deddy Corbuzier Beserta Efek Sampingnya yang Penting Diketahui

Rabu, 20 Oktober 2021 07:02 Reporter : Ani Mardatila
Manfaat Diet OCD ala Deddy Corbuzier Beserta Efek Sampingnya yang Penting Diketahui Ilustrasi diet OCD. ©2017 seruni.id

Merdeka.com - Diet OCD yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier untuk memperoleh tubuh yang sehat dan ideal yang ia inginkan. Diet OCD yang merupakan kependekan dari Obsessive Corbuzier's Diet ini menggunakan metode kuno dari Tiongkok, yang sering digunakan oleh para Shaolin Monk.

Pada diet OCD, Deddy menggunakan sistem yang ia namakan sebagai sistem jendela makan. Sistem jendela makan adalah metode mengistirahatkan perut dengan cara puasa, sehari delapan atau enam jam atau tergantung pada jenis pemrograman jendela makan apa yang Anda pilih.

Jika puasa identik dengan tidak makan dan minum, berbeda dengan diet OCD. Bagi pelaku diet jenis satu ini, para pelaku memang tidak disarankan untuk makan di jam yang mengharuskan pelakunya berpuasa, bukan berarti tidak boleh minum. Minum boleh saja, asal tidak berkalori.

Diet OCD dikatakan mirip dengan diet puasa (intermittent fasting) yang memiliki prinsip pengaturan waktu makan yang ketat. Berikut merdeka.com merangkum manfaat diet OCD:

2 dari 3 halaman

Manfaat Diet OCD

Ahli saraf Johns Hopkins Mark Mattson, Ph.D. , telah mempelajari puasa intermiten selama 25 tahun. Ia mengatakan bahwa tubuh kita telah berevolusi untuk dapat hidup tanpa makanan selama berjam-jam, atau bahkan beberapa hari atau lebih lama. 

Diet OCD memiliki konsep yang sama dengan puasa intermitten karena lebih menekankan pada kapan Anda makan, daripada diet lain yang menekankan apa yang Anda makan.

Salah satu studi Mattson yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine mengungkapkan data tentang berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan praktik tersebut. Ini termasuk umur yang lebih panjang, tubuh yang lebih ramping dan pikiran yang lebih tajam.

"Banyak hal terjadi selama puasa intermiten yang dapat melindungi organ tubuh dari penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, gangguan neurodegeneratif terkait usia, bahkan penyakit radang usus dan banyak kanker," katanya.

Berikut adalah beberapa manfaat puasa intermiten yang mungkin bisa diperoleh ketika melakukan diet OCD yang telah diungkapkan oleh penelitian sejauh ini:

  • Berpikir dan memori. Studi menemukan bahwa puasa intermiten meningkatkan memori kerja pada hewan dan memori verbal pada manusia dewasa.
  • Kesehatan jantung. Puasa intermiten meningkatkan tekanan darah dan detak jantung istirahat serta pengukuran terkait jantung lainnya.
  • Performa fisik. Pria muda yang berpuasa selama 16 jam menunjukkan kehilangan lemak sekaligus mempertahankan massa otot. Tikus yang diberi makan pada hari-hari alternatif menunjukkan ketahanan yang lebih baik dalam berlari.
  • Diabetes dan obesitas. Dalam penelitian pada hewan, puasa intermiten mencegah obesitas. Dan dalam enam penelitian singkat, manusia dewasa yang obesitas kehilangan berat badan melalui puasa intermiten.
  • Kesehatan jaringan. Pada hewan, puasa intermiten mengurangi kerusakan jaringan dalam operasi dan meningkatkan hasilnya.
3 dari 3 halaman

Macam Aturan Diet OCD

1. Berpuasa selama 16 jam dan makan hanya 8 jam

Jika di hari pertama Anda memulai untuk melakukan IF/OCD pada pukul 1 siang, itu berarti Anda hanya diperbolehkan untuk makan sampai jam menunjukkan pukul 9 malam.

Lewat dari jam itu, menandakan saatnya Anda untuk berpuasa selama 16 jam. Jendela makan yang ini cocok untuk pemula.

2. Berpuasa selama 18 jam dan makan hanya 6 jam

Sederhananya, Anda hanya mengurangi jadwal puasa Anda, yang tadinya sampai pukul 9 malam, dengan jendela makan yang ini Anda hanya boleh makan hingga pukul 7 malam, jika Anda memulainya pada pukul 1 siang.

Setelah Anda berhasil melewati puasa yang pertama, silakan untuk melakukan dengan jendela makan nomor 2 ini. Sama seperti di atas, lakukanlah sampai Anda benar-benar dapat memahami kondisi tubuh.

3. Berpuasa selama 20 jam dan makan hanya 4 jam

Ini juga seperti peraturan nomor 1 dan nomor 2. Bila Anda mulai sarapan pada pukul 1 siang, berarti hanya boleh makan sampai pukul 5 sore.

Untuk memulai yang satu ini, disarankan untuk melakukannya secara perlahan. Apabila badan masih kaget, silakan kombinasi semuanya.

4. Puasa 24 jam

Artinya, Anda hanya makan sekali dalam sehari. Jam berapa saja, makan apa saja, dan sebanyak apa saja. Ingat, bukan berarti Anda harus rakus.

Cara melakukannya, contoh, Anda mulai makan di hari Selasa pukul 1 siang dengan menu yang cukup mengenyangkan, dan Anda boleh makan lagi di hari Rabu di jam yang sama, yaitu pukul 1.

Efek Samping Diet OCD yang Perlu Diperhatikan

Karena diet OCD berpotensi membuat seseorang kelaparan, orang dengan kegiatan yang padat harus mempertimbangkan apakah harus melakukan diet OCD. Melansir dari hellosehat, ketika asupan kalori kurang karena harus berpuasa, ini dapat mengganggu performa tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu ada kemungkinan mengalami sakit kepala dan perubahan waktu tidur. Selain itu jangan melakukan diet OCD ketika seseorang memiliki riwayat maag, sedang hamil, maupun di bawah 20 tahun untuk mencegah malnutrisi.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini