Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Setelah Sholat Taubat Lengkap Beserta Latin, Arti dan Zikirnya

Doa Setelah Sholat Taubat Lengkap Beserta Latin, Arti dan Zikirnya Manfaat Dzikir Pagi dan Petang. Liputan6.com ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Manusia tidak luput dari dosa dalam kehidupannya sehari-hari. Agama Islam pun memberikan jalan antisipasi dan kesempatan bagi mereka yang ingin mengakui dosa-dosanya untuk memperoleh ampunan selama masih bernapas di dunia.

Jalan tersebut yakni dengan bertaubat. Taubat menurut bahasa artinya kembali. Secara istilah, taubat adalah kembali dan menyerahkan diri kepada Allah SWT yang Maha Pengampun dan Penyayang. Menyerahkan diri di sini dimaksudkan untuk memohon pengampunan dengan hati penuh penyesalan yang tulus ketika mengingat dosa-dosa yang dilakukan selama ini.BACA JUGA: Bacaan, Tata Cara Dan Doa Taubat Nasuha

Meski kedengarannya mudah, taubat cukup sulit dilakukan sebab sebagai manusia terkadang kita tidak merasa melakukan dosa yang besar. Padahal dosa besar tidak selalu harus dosa yang kelihatan seperti membunuh, korupsi, menculik, dan yang lainnya.

Dosa-dosa besar juga bisa berupa kesombongan hati, iri, menelantarkan saudara sesama, dan berbahagia di atas kesengsaraan orang lain. Di dalam surat An-Nahl ayat 119, Allah SWT berfirman:

Kemudian, Sesungguhnya Tuhanmu (mengampuni) bagi orang-orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, Kemudian mereka bertaubat sesudah itu dan memperbaiki (dirinya), Sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Berikut merdeka.com merangkum tata cara, keutamaan, serta doa setelah sholat taubat yang penting diketahui melansir dari fimela dan liputan6:

Keutamaan Sholat Taubat

Keutamaan sholat taubat sangat penting diketahui bagi umat muslim yang kemudian bisa membuat kita tidak lupa untuk melakukannya, karena memang setiap hari manusia melakukan dosa yang sengaja atau tak sengaja, besar maupun kecil.

Namun pertanyaannya, jika sudah melakukan sholat taubat, tetapi tetap mengulangi dosa yang sama setiap harinya, apakah taubatnya masih bisa terus diterima?

Berikut Abu Hurairah Radiyallahu’anhu, bahwasanya Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

"Sesungguhnya seorang laki – laki berbuat dosa lalu berkata: "Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata: "Hambaku berbuat dosa lalu ia tahu bahwa ia memiliki Tuhan yang Maha Mengampuni dosa dan ia merealisasikannya, sesungguhnya Aku telah ampuni hambaku tersebut."

Kemudian ia pun berbuat dosa lagi dosa yang lainnya lalu berkata: "Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah, maka Allah Tabaroka wa Ta’ala berkata: "Hamba-Ku mengetahui bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun lalu ia pun merealisasikannya."

"Sesungguhnya telah aku ampuni hambaku. Kemudian ia melakukan dosa yang lainnya lagi, dan ia berkata : "Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa, maka ampunilah."

Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata lagi: "Hamba-Ku tahu bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun dan ia merealisasikannya. "Maka Aku mempersaksikan kepada kalian semua bahwa sesungguhnya Aku sungguh telah mengampuni hamba-Ku maka silahkan dia lakukan apa yang dia kehendaki." (HR. Al- Imam Ahmad).

Tata Cara Sholat Taubat dan Bacaan Niatnya

Seperti sholat sunnah pada umumnya, sholat taubat dilakukan sebanyak dua rakaat bisa pula empat rakaat hingga enam rakaat. Berikut urutannya:

  • Niat Sholat Taubat Nasuha
  • Takbirotul Ihram
  • Membaca doa Istiftah/iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Alquran
  • Rukuk
  • I'tidal (Membaca doa i'tidal)
  • Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali)
  • Duduk di antara dua sujud (Membaca doa 'Robbighfirlii warhamnii...')
  • Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali)
  • Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.
  • Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir)
  • Salam
  • Berdoa mohon ampunan
  • Bacaan niat sholat taubat

    Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

    Artinya:

    "Saya niat sholat sunah tobat dua rakaat karena Allah."

    Doa Setelah Sholat Taubat

    Setelah melaksanakan sholat taubat, hendaknya kita melantunkan doa setelah sholat taubat sembari berdzikir yang semuanya itu ditujukan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Adapun bacaan dzikir setelah sholat taubat adalah astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi.

    Artinya: Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.

    Bacaan tersebut diucapkan 100 kali dengan setulus-tulusnya. Kemudian, setelah itu dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat taubat seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

    Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu. A 'udzu bika min syarri maa shona'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

    Artinya:

    Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

    Diharapkan setelah mengerjakan sholat taubat ini, seseorang tidak mengulangi lagi kesalahan dan dosa yang pernah diperbuat. Lebih memperbanyak amal kebaikan, salah satunya adalah bersedekah.

    Bersedekah dapat menghapus dosa-dosa, sebagaimanaFirman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Thaha ayat 82 yang artinya: “Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.”

    (mdk/amd)
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    Bacaan Doa Nurbuat Arab Latin dan Artinya, Ketahui Pula Keutamaannya
    Bacaan Doa Nurbuat Arab Latin dan Artinya, Ketahui Pula Keutamaannya

    Doa nurbuat dilafalkan sebagai bentuk permohonan perlindungan kepada Allah SWT.

    Baca Selengkapnya
    Bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih dalam Bahasa Arab dan Latin Beserta Dalil dan Keutamaanya
    Bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih dalam Bahasa Arab dan Latin Beserta Dalil dan Keutamaanya

    Simak bacaan doa setelah sholat tasbih berikut ini lengkap dengan dalil dan keutamaanya.

    Baca Selengkapnya
    Doa Setelah Sholat dan Bacaan Dzikirnya, Amalkan Rutin
    Doa Setelah Sholat dan Bacaan Dzikirnya, Amalkan Rutin

    Dekatkan diri dengan Sang Pencipta melalui doa setelah sholat. Jika Anda terburu-buru, cukup baca doa-doa yang pendek.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Bacaan Doa I’Tidal Latin dan Artinya, Ketahui Syarat-Syaratnya
    Bacaan Doa I’Tidal Latin dan Artinya, Ketahui Syarat-Syaratnya

    I’tidal adalah gerakan berdiri tegak yang dilakukan ketika bangun dari ruku’. Dalam gerakan ini, terdapat bacaan doa I’tidal yang perlu dilafalkan.

    Baca Selengkapnya
    Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Caranya
    Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Caranya

    Melalui sholat tabuat, seseorang dapat merenung dan mengintrospeksi diri, serta memperbaharui niat untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

    Baca Selengkapnya
    Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
    Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

    Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan di malam hari setelah bangun dari tidur, meskipun tidurnya hanya sebentar.

    Baca Selengkapnya
    Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam
    Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam

    Usai melaksanakan sholat tahajud, ada baiknya Anda duduk sebentar untuk berzikir dan membaca doa sholat tahajud.

    Baca Selengkapnya
    Arti Doa Subhanal Malikil Quddus, Doa Singkat Penutup Ibadah Malam
    Arti Doa Subhanal Malikil Quddus, Doa Singkat Penutup Ibadah Malam

    Doa subhanal malikil quddus adalah bacaan doa yang kita baca usai melaksanakan sholat witir.

    Baca Selengkapnya
    Bacaan Doa Talqin Mayit Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya, Dibaca Setelah Jenazah Dimakamkan
    Bacaan Doa Talqin Mayit Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya, Dibaca Setelah Jenazah Dimakamkan

    Berikut bacaan doa talqin mayit yang wajib diketahui para muslim selengkapnya.

    Baca Selengkapnya