Cara Membuat Beras Kencur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 6 April 2020 18:04 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Cara Membuat Beras Kencur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Ilustrasi beras kencur. ©iStock

Merdeka.com - Jamu merupakan obat tradisional yang masih dibudidayakan masyarakat Indonesia hingga saat ini. Banyaknya produk obat herbal yang ada di pasaran, seolah tidak meruntuhkan eksistensi jamu itu sendiri. Bahkan hingga kini, jamu masih diminati banyak orang dari orang dewasa sampai anak-anak.

Jenis minuman yang satu ini umumnya terbuat dari berbagai macam rempah. Tidak jarang satu jenis minuman jamu menggabungkan bahan rempah dengan bahan alami lain untuk menambah khasiat.

Bahan-bahan alami ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mengobati hingga mencegah berbagai serangan penyakit.

Salah satu jenis jamu yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh adalah beras kencur. Jamu ini umumnya dibuat dari rimpang kencur yang dicampur dengan beras dan gula merah sebagai pemanis alami. Tidak jarang sebagian orang juga menambahkan asam jawa sebagai bahan pelengkap rasa.

Beras kencur ini sudah dikenal sebagai jamu dengan kandungan yang kaya manfaat di dalamnya. Beras kencur banyak dikonsumsi masyarakat sebagai obat alami untuk menambah nafsu makan, terutama bagi anak-anak. Selain itu, beras kencur juga baik untuk meredakan penyakit flu.

Lebih dari itu, beras kencur masih memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari Liputan6.com dan Brilio.net, berikut beberapa manfaat beras kencur untuk kesehatan tubuh dan cara membuat beras kencur yang mudah dipraktikkan.

1 dari 8 halaman

Menambah Nafsu Makan

susah makan

Sheknows

Manfaat beras kencur yang paling populer tidak lain adalah sebagai obat alami untuk menambah nafsu makan. Ramuan ini sering kali diberikan pada anak-anak yang mempunyai masalah kurangnya selera makan.

Jika dikonsumsi secara rutin, nafsu makan anak pun perlahan akan semakin meningkat. Bukan hanya itu, anak pun bisa mendapatkan energi atau stamina yang baik setelah mengonsumsinya.

Di samping efektif untuk menambah nafsu makan dan stamina, beras kencur juga baik untuk sistem pencernaan tubuh. Konsumsi beras kencur dapat berkhasiat untuk mempertebal dinding lambung. Bahkan ramuan ini juga dapat mengatasi masalah maag yang sering kali menyebabkan penipisan dinding lambung.

2 dari 8 halaman

Mengobati Flu

Manfaat beras kencur yang kedua adalah untuk mengobati penyakit flu. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari rimpang kencur yang menjadi bahan utama. Sensasi hangat dari kencur dapat meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan.

Tidak hanya itu, beras kencur juga sangat berguna untuk meringankan gejala sakit kepala yang timbul ketika terserang flu. Bahkan rimpang kencur ini dapat digunakan sebagai obat alami sakit kepala traumatis atau migrain.

3 dari 8 halaman

Menyembuhkan Sariawan

003 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock/leungchopan

Manfaat beras kencur selanjutnya adalah dapat menyembuhkan sariawan. Rasa hangat yang didapatkan dari rempah kencur dapat meringankan peradangan pada bagian mulut yang terkena sariawan.

Bukan hanya itu, kencur jua memiliki kandungan anti-bakteri yang dapat membunuh segala kuman dan bakteri penyebab sariawan.

Selain itu, kencur juga mempunyai kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) yang dapat bekerja untuk meluruhkan dahak serta sebagai bahan alami pembersih tenggorokan.

Dengan begitu, ramuan ini bisa menjadi alternatif terbaik ketika Anda mempunyai masalah sariawan dan gangguan kesehatan mulut dan tenggorokan lainnya.

4 dari 8 halaman

Mengatasi Infeksi

Manfaat beras kencur yang tidak kalah penting adalah dapat mengatasi infeksi. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kencur merupakan salah satu jenis rimpang dengan kandungan anti-bakteri yang tinggi.

Kandungan ini sangat ampuh dan efektif untuk melawan berbagai infeksi yang menjadi penyebab penyakit. Rasanya yang enak serta kaya manfaat, tentu jamu yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

5 dari 8 halaman

Menyembuhkan Diare

ilustrasi diare

Shutterstock.com/ Alliance

Berikutnya, beras kencur ternyata juga bermanfaat untuk menyembuhkan diare. Manfaat beras kencur yang satu ini didapatkan dari kandungan zat sototoksi dan anti-bakteri yang mampu meringankan gejala diare.

Kandungan ini juga dapat melawan semua bakteri, virus dan parasit penyebab infeksi pada saluran pencernaan. Bukan hanya itu, jamu beras kencur juga baik dikonsumsi untuk menghindarkan tubuh dari kondisi dehidrasi akibat diare.

6 dari 8 halaman

Mencegah Kanker

Manfaat beras kencur yang satu ini cukup mengejutkan. Pasalnya, konsumsi beras kencur dapat secara efektif mencegah penyakit kanker. Manfaat ini didapatkan dari kandungan etil p-metoksisinamat yang bekerja sebagai bahan anti-kanker.

Kandungan ini dapat bekerja menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

7 dari 8 halaman

Cara Membuat Beras Kencur

ilustrasi beras kencur

iStock

Bahan-bahan :

  • 120 gr beras yang sudah direndam menggunakan air matang
  • 150 gr kencur yang sudah dikupas
  • gula aren
  • gula pasir
  • Himalayan salt
  • 1,5 lt air

Cara membuat :

  1. Rebus air yang sudah dicampur dengan gula dan garam
  2. Sangrai beras yang sudah direndam dengan air sebelumnya
  3. Setelah disangrai, blender beras sampai halus
  4. Kemudian blender semua bahan seperti air gula, kencur dan beras sampai halus dan bercampur
  5. Setelah semuanya tercampur, saring dan siap minum
8 dari 8 halaman

Cara Membuat Beras Kencur Asam Jawa

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 3 rimpang kencur (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)
  • 1 rimpang jahe (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)
  • 100 gram beras putih (rendam dalam air selama 3 jam, sangai, dan haluskan)
  • 1 sdm air asam jawa
  • 5 cm kunyit (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)
  • Gula pasir secukupnya
  • Gula jawa secukupnya yang sudah disisir halus
  • 3 gelas besar air

Cara membuat jamu beras kencur:

  1. Panaskan air lalu masukkan kencur, jahe, kunyit, air asam, gula pasir dan gula jawa.
  2. Rebus semua bahan hingga mendidih.
  3. Jika sudah mendidih, saring air rebusan. Pisahkan ampas dengan air yang jernih.
  4. Selanjutnya, masukkan sedikit beras yang sudah direndam dan dihaluskan ke dalam air rebusan.
  5. Jika ingin rasa kencur lebih pekat, kamu bisa menambahkan kencur mentah yang telah dimemarkan ke dalam air rebusan.
  6. Aduk rata dan tunggu hingga pati kencur atau beras mengendap di bawah.
  7. Sajikan beras kencur selagi masih hangat
[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini