Bacaan Hamdalah Arab Beserta Latin dan Artinya Menurut Ulama

Senin, 26 Juli 2021 15:01 Reporter : Ani Mardatila
Bacaan Hamdalah Arab Beserta Latin dan Artinya Menurut Ulama alhamdulillah. ©istimewa

Merdeka.com - Seorang muslim mengucapkan Alhamdulillah beberapa kali dalam sehari untuk memuji dan berterima kasih kepada Tuhan. Seorang Muslim harus terus-menerus memuji, bersyukur dan bersyukur kepada Allah. Dan oleh karena itu tidak ada batasan berapa kali seseorang harus mengucapkan Alhamdulillah.

Semakin seseorang memahami bahwa segala sesuatu yang dikaruniainya adalah dari Allah. Semakin seseorang menginternalisasikan makna Alhamdulillah dan selalu bersyukur.

Namun, ada riwayat tertentu Nabi Muhammad di mana ia menentukan berapa kali kita harus mengucapkan Alhamdulillah sebagai bagian dari rutinitas kita sehari-hari.

Kita harus mengucapkan Alhamdulillah tiga puluh tiga kali dalam dzikir harian kita (mengingat Allah setiap hari). Hal ini umumnya dilakukan setelah shalat lima waktu dan sebelum tidur.
Berikut merdeka.com merangkum bacaan hamdalah arab beserta latin dan artinya:

2 dari 4 halaman

Bacaan Hamdalah

Bacaan hamdalah memiliki versi pendek dan panjangnya. Bacaan hamdalah sehari-hari yang biasa kita baca untuk mensyukuri secara spontan yaitu sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لِلهِ

Alhamdulilah
Artinya: “Segala puji bagi Allah”.

Selain itu ada bacaan hamdalah versi lebih panjang dan sempurna yang bisa diamalkan, yaitu menurut kitab Al-Azkar karya Imam Nawawi berikut melansir dari laman pecihitam.org:

اَلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئ ُمَزِيْدَهُ

Alhamdulillahi robbil ‘alamin hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi-u mazidahu

Artinya: “Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya”. (Imam an-Nawawi, al-Adzkar an-Nawawi, [Beirut: Dar Kutub Islamiyah, 2004 M], j. 1, h. 174.)

Adapun seorang muslim jika melihat atau memperoleh hal yang disukai menurut riwayat aisyah HR Ibnu Majah no 3803 dinilai hasan oleh al Albani maka bisa mengucapkan kalimat alhamdulillah ala kulli halin wa ni’matin

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihat

Artinya : segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatan-Nya menjadi sempurna segala amal sholih

3 dari 4 halaman

Memahami Arti Bacaan Hamdalah Beserta Maknanya

Bacaan hamdalah yang dituturkan sebagai alhamdulillah memiliki arti dari bahasa berasal dari kata (al) yang mendahului kata (hamd) dipahami oleh ulama dengan arti segala, sedang huruf (lam) yang menyertai kata Allah sehingga diucapkan (lilla'h) mengandung makna pengkhususan bagi-Nya, mengutip T. Tangngareng dalam Menyelam ke Semerta Zikir: Menyikap Makna Dan Pesanya Dalam Hadis Nabi SAW.

Arti Alhamdulillah ingin menegaskan pada manusia bahwa ia tidak akan pernah lepas dari rahmat Allah SWT dan wajib mensyukurinya setiap saat. Allah sebagai Tuhan senantiasa menyeru hambanya untuk mendekatkan diri kepadaNya, tulis Liputan6.com.

Rasulullah SAW mendapatkan wahyu sebagai berikut:

قُلِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ وَسَلَٰمٌ عَلَىٰ عِبَادِهِ ٱلَّذِينَ ٱصْطَفَىٰٓ ۗ ءَآللَّهُ خَيْرٌ أَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya: “Katakanlah: "Segala puji bagi Allah dan kesejahteraan atas hamba-hamba-Nya yang dipilih-Nya. Apakah Allah yang lebih baik, ataukah apa yang mereka persekutukan dengan Dia?”

Menurut tafsir Al-Mukhtashar diceritakan Allah memerintahkan nabi Muhammad untuk memuji Allah atas isi dari kisah para nabi berupa azab yang menimpa kaum yang mendustakan, dan atas isyarat yang ada dalam kisah-kisah tersebut berupa janji Allah untuk memberi kemenangan atas musuh-musuhnya.

Dan setelah itu Allah memerintahkannya untuk menyampaikan salam kepada hamba-hamba-Nya yang telah Dia pilih untuk mengemban risalah. Dan dalam kalimat ini terdapat balasan dan penghargaan bagi para nabi atas segala cobaan yang mereka dapatkan di jalan dakwah.

Kemudian Allah memerintahkan Rasulullah untuk mengingkari orang musyrik dengan berkata: “Manakah yang lebih baik, Allah yang telah disebutkan perbuatan dan sifat-sifat-Nya yang menunjukkan kebesaran kuasa-Nya, atau berhala-berhala yang kalian jadikan sekutu Allah dalam ibadah?”

4 dari 4 halaman

Manfaat Bacaan Hamdalah

Melansir dari laman merdeka.com berikut manfaat bacaan hamdalah sehari-hari:

Perkataan yang Sangat Baik

Bacaan Hamdalah atau Alhamdulillah merupakan sebaik-baiknya perkataan yang dipilihkan Allah SWT. Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah memilih empat perkataan, yaitu subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha ilallah, dan allahu akbar. Barangsiapa mengucapkan “Subhanallah” maka akan dituliskan untuknya dua puluh kebaikan dan dihapuskan darinya dua puluh kesalahan. Barangsiapa mengucapkan “Allahu Akbar” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Barangsiapa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Dan barangsiapa mengucapkan “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin” dari dalam hatinya, maka akan dituliskan untuknya tiga puluh kebaikan dan dihapuskan darinya tiga puluh kesalahan.” (HR. Ahmad).

Membuat Hati Tenang

Manfaat bacaan hamdalah berikutnya yaitu dapat membuat hati tenang. Karena dengan mengucapkan kalimat hamdalah, hati kita akan qana’ah (menerima dengan lapang dada) atas apa yang diberikan Allah SWT kepada kita. Pikiran kita akan selalu positif dengan setiap ketentuan dan takdir yang telah Allah SWT tetapkan.

Menentramkan Jiwa

Manfaat ucapan hamdalah yang keempat yaitu membuat jiwa menjadi tentram. Seseorang yang senantiasa bersyukur dengan mengucap alhamdulillah akan merasakan jiwa yang tentram.

Karena mau sekaya atau sebanyak apapun harta yang dimiliki, jika tidak bersyukur dengan apa yang kita punya maka akan sulit untuk mendapatkan ketentraman dalam jiwa.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini