Ada 'Batu Belah' yang Dipercaya Mistis, Ini Pesona Pulau Pandang di Batubara

Kamis, 6 Januari 2022 16:08 Reporter : Fatimah Rahmawati
Ada 'Batu Belah' yang Dipercaya Mistis, Ini Pesona Pulau Pandang di Batubara Ada 'Batu Belah' yang Dipercaya Mistis, Ini Pesona Pulau Pandang di Batubara. wisato.id ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Berkunjung ke Sumatra Utara (Sumut), kamu tak akan dibuat bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja. Daerah ini memiliki sederet tempat wisata alam yang rasanya tak akan ada habisnya untuk dijelajahi.

Jika kamu ingin menikmati liburan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tak ada salahnya untuk mengunjungi Pulau Pandang, yang ada di Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia, yang menyimpan keindahan alam yang eksotis.

Jika berangkat dari Medan, perjalanan ditempuh darat dan laut dengan total kurang lebih 6 jam. Namun jangan khawatir, lelahnya perjalanan akan terbayar dengan indahnya pulau yang dikelilingi pantai dengan hamparan pasir putih yang memesona.

Melansir dari wisato, intip pesona Pulau Pandang berikut ini.

2 dari 4 halaman

Pantai Pasir Putih

ada 039batu belah039 yang dipercaya mistis ini pesona pulau pandang di batubara
wisato.id ©2022 Merdeka.com

Pulau Pandang terkenal akan panorama bawah lautnya yang sangat cantik. Di sini, wisatawan bisa melakukan snorkeling dan melihat pemandangan bawah laut yang dihiasi terumbu karang dan berbagai ikan yang berwarna-warni.

Air lautnya pun sangat jernih, berwarna biru toska bak kristal. Ombaknya yang cukup tenang membuat siapa saja bisa menikmati waktu santai dengan bermain air di pantai pasir putih.

Lokasinya yang cukup terpencil membuat wisatawan bisa menikmati suasana pulau tanpa khawatir soal ramainya wisatawan lain. Suasana pulau yang sunyi dan tenang membuat wisatawan serasa sedang berlibur di pulau milik pribadi.

3 dari 4 halaman

Lanskap yang Unik

ada 039batu belah039 yang dipercaya mistis ini pesona pulau pandang di batubarabocahudik.com ©2022 Merdeka.com

Uniknya, Pulau Pandang memiliki lanskap yang cukup unik, dengan 3 karakter yang berbeda. Sisi timur pulaunya langsung menghadap ke Malaysia, dengan pemandangan pantai dengan pasir putih yang lembut berpadu dengan beberapa bebatuan granit yang berdiri kokoh.

Namun, lain halnya dengan sisi utara dan selatan, di mana wisatawan akan menemukan pantai yang didominasi oleh bebatuan dengan bentuk yang cukup unik disertai dengan ombak yang cukup besar.

Sisi barat pulau yang menghadap ke Pulau Sumatra, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan pantai berpasir putih dengan bentuk yang melengkung ke dalam layaknya sebuah teluk, dengan dihiasi oleh bebatuan.

4 dari 4 halaman

Misteri Batu Belah

ada 039batu belah039 yang dipercaya mistis ini pesona pulau pandang di batubarayukeksploreindonesia.blogspot.com ©2022 Merdeka.com

Tak hanya keindahan alamnya, Pulau Pandang juga tersohor akan cerita mistis soal Batu Belah. Di pulau ini terdapat batu besar yang terbelah secara rapi, yang konon katanya bisa menelan orang. Batu Belah sendiri berada puncak bukit sisi selatan pulau.

Akses menuju ke Batu Belah juga tidak sulit, wisatawan bisa menaiki tangga dari beton yang telah disediakan untuk menaiki bukit. Tak jauh dari ujung anak tangga itu, wisatawan pun sudah bisa melihat Batu Belah yang unik tersebut.

Batu Belah ini juga jadi salah satu spot favorit wisatawan untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Namun, wisatawan harus bisa bersikap sopan saat berada di area Batu Belah ini karena untuk menghormati kepercayaan masyarakat setempat.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini