Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Contoh Paragraf Perbandingan Lengkap dengan Penjelasannya

4 Contoh Paragraf Perbandingan Lengkap dengan Penjelasannya Ilustrasi buku. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/monticello

Merdeka.com - Paragraf perbandingan adalah paragraf yang kalimat topiknya berisi perbandingan dua hal. Perbandingan tersebut, misalnya, antara yang bersifat abstrak dengan bersifat konkret. Kalimat topik tersebut kemudian dikembangkan dengan memerinci perbandingan tersebut dalam bentuk yang konkret atau bagian-bagian kecil melansir dari Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) (2015).

Paragraf perbandingan ialah paragraf yang isinya merupakan perbandingan tentang dua hal baik yang menyangkut kesamaan maupun perbedaannya. Sebagai teknik pengembangan, perbandingan ini bisa bertujuan menjelaskan satu hal lain sebagai pembanding, atau menjelaskan kedua hal yang dibandingkan itu sekaligus.

Pengembangan paragraf dengan cara perbandingan biasanya menggunakan ungkapan, seperti serupa dengan, seperti halnya, demikian juga, sama dengan, sejalan dengan, akan tetapi, sedangkan, dan sementara itu.

Berikut contoh paragraf perbandingan yang bisa ditelisik karakteristiknya seperti pengertian di atas:

Contoh Paragraf Perbandingan 1

Berikut contoh paragraph perbandingan yang dikutip dari Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karya Ilmiah BPDU-Universitas Widyatama:

Kalau kita perhatikan kalimat awal paragraf, tergolong paragraf yang bertujuan menjelaskan masyarakat perkotaan (urban community) dengan menggunakan pembanding kontras sifat–sifat masyarakat perdesaan.

Yang dimaksud masyarakat perkotaan atau urban community adalah masyarakat kota yang tidak tertentu jumlah penduduknya. Tekanan pengertian masyarakat perkotaan juga terletak pada sifat–sifat kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat perdesaan.

Masyarakat perkotaan ini juga berbeda dengan masyarakat perdesaan dalam hal perhatian, khususnya terhadap keperluan hidup. Jika masyarakat perdesaan mempunyai perhatian utama dan perhatian khusus terhadap keperluan dasar dari kehidupan, seperti pakaian, makanan, rumah, dan sebagainya, maka masyarakat perkotaan, terhadap hal–hal tersebut mempunyai pandangan yang berbeda.

Orang–orang perkotaan memandang penggunaan kebutuhan hidup sehubungan dengan pandangan masyarakat sekitarnya. Jika menghidangkan makanan, misalnya, yang diutamakan adalah makanan itu memberikan kesan bahwa yang menghidangkannya mempunyai kedudukan sosial yang tinggi. Bila ada tamu, misalnya, diusahakan terhidang makanan dalam kaleng. Pada orang–orang perdesaan hal seperti itu kurang bahkan tidak diperdulikan.

Contoh Paragraf Perbandingan 2

Berikut contoh paragraph perbandingan yang dikutip dari Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi: Substansi Kajian dan Penerapannya:

Seruan “Kiri” seorang penumpang angkot untuk turun dari mobil yang ditumpanginya, misalnya di Bandung, mungkin tidak lazim ditemukan di beberapa daerah lain, seperti Manado, Gorontalo, dan Malaysia, yang membuat para penumpang serempak menengok ke kiri. Seperti halnya di Bandung, warga Jakarta juga menggunakan seruan “Kiri” untuk menghentikan angkot.

Akan tetapi, di Manado, kata yang diserukan, yaitu “Muka”. Sementara itu, seruan “Minggir” lazim digunakan di daerah Lampung untuk menandakan terdapat penumpang yang akan turun. Lain halnya dengan di Padang, meskipun penumpang yang turun lebih dari satu atau mungkin seluruh penumpangnya, kata seruan yang digunakan adalah “Siko cieh!” yang berarti “Di sini satu!”

Contoh Paragraf Perbandingan 3

Atmosfer Bumi bertindak seperti jendela mana pun dalam melakukan dua fungsi yang sangat penting: membiarkan cahaya masuk dan memungkinkan kita melihat keluar serta melindungi Bumi dari hal-hal yang berbahaya atau tidak nyaman. Jendela kaca normal memungkinkan kita menjaga rumah kita tetap hangat dengan menahan udara dingin. 

Sedemikian rupa, jendela atmosfer Bumi membantu menjaga planet kita pada suhu yang nyaman dengan menahan panas yang terpancar dan melindungi kita dari tingkat sinar ultraviolet yang berbahaya. 

Sama seperti jendela yang mencegah masuknya hujan, kotoran, dan serangga serta hewan yang tidak diinginkan, para ilmuwan telah menemukan bahwa ruang angkasa penuh dengan banyak sekali hal yang sangat berbahaya yang membuat atmosfir menjaga kita. (Diadaptasi dari: Brandon & Brandon, 2011: 289).

Contoh Paragraf Perbandingan 4

Selama dua dekade terakhir, permintaan dari konsumen akan makanan organik telah meningkat pesat. Faktanya, popularitas makanan organik telah meledak secara signifikan di kalangan konsumen, menghabiskan jumlah uang yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah yang dihabiskan untuk makanan anorganik. Pasar AS mencatat peningkatan penjualan lebih dari 10% antara tahun 2014 dan 2015 (Brown, np). 

Peningkatan tersebut sejalan dengan anggapan banyak konsumen bahwa makanan organik lebih aman, lebih enak, dan lebih sehat dibandingkan dengan makanan anorganik. Selain itu, mengingat dampak lingkungan dari makanan, makanan organik memiliki risiko pencemaran lingkungan yang lebih kecil dibandingkan dengan makanan anorganik. 

Menurut definisinya, makanan organik adalah makanan yang ditanam tanpa perlakuan kimia buatan, atau perlakuan dengan menggunakan zat lain yang telah dimodifikasi secara genetik.

(mdk/amd)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Contoh Paragraf Deskripsi, Begini Cara Membuatnya Mudah Banget
Contoh Paragraf Deskripsi, Begini Cara Membuatnya Mudah Banget

Singkatnya, paragraf deskripsi merupakan sejumlah rangkaian kalimat yang ditulis dengan tujuan menggambarkan sesuatu hal tertentu.

Baca Selengkapnya
Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya
Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya

Kata keterangan adalah jenis kata yang memberikan informasi tambahan atau detail mengenai kata lain dalam kalimat, kecuali kata benda

Baca Selengkapnya
Contoh Kata Pengantar beserta Elemen dan Cara Penulisannya
Contoh Kata Pengantar beserta Elemen dan Cara Penulisannya

Kata pengantar memiliki peran penting dalam memberikan pandangan singkat tentang isi karya yang akan dibaca, sambil memberikan rasa penasaran kepada pembaca.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Contoh Sinonim beserta Penjelasan Definisi dan Fungsinya
Contoh Sinonim beserta Penjelasan Definisi dan Fungsinya

Sinonim adalah ungkapan baik berupa kata, frasa, atau kalimat yang kurang lebih sama maknanya dengan ungkapan yang lain.

Baca Selengkapnya
10 Contoh Kalimat Fakta dan Opini, Perhatikan Perbedaannya
10 Contoh Kalimat Fakta dan Opini, Perhatikan Perbedaannya

10 contoh kalimat fakta dan opini akan memperjelas perbedaan keduanya.

Baca Selengkapnya
Contoh Sinonim beserta Pengertian, Jenis, dan Fungsinya
Contoh Sinonim beserta Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Sinonim adalah padanan kata yang dapat digunakan secara bergantian karena memiliki arti atau makna yang hampir sama.

Baca Selengkapnya
Contoh Emansipasi Perempuan, Lengkap Beserta Penjelasannya
Contoh Emansipasi Perempuan, Lengkap Beserta Penjelasannya

Emansipasi perempuan mengacu pada proses pembebasan perempuan dari berbagai bentuk ketidaksetaraan, diskriminasi, dan penindasan.

Baca Selengkapnya
Contoh Surat Serah Terima Barang, Lengkap Beserta Cara Menulisnya
Contoh Surat Serah Terima Barang, Lengkap Beserta Cara Menulisnya

Surat serah terima barang adalah dokumen yang dibutuhkan dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan perpindahan tangan barang.

Baca Selengkapnya
Proporsi adalah Seimbang, Berikut Penjelasannya
Proporsi adalah Seimbang, Berikut Penjelasannya

Proporsi adalah konsep yang mengacu pada hubungan antara bagian-bagian dari suatu objek atau gambar yang berdasarkan ukuran, skala, dan posisi relatif mereka.

Baca Selengkapnya