Tahan seri Vietnam, Indonesia lolos ke Final Piala AFF 2016

Rabu, 7 Desember 2016 21:45 Reporter : Tim Merdeka
Tahan seri Vietnam, Indonesia lolos ke Final Piala AFF 2016 Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF. ©2016 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Pluit panjang telah ditiup wasit, pertandingan antara Indonesia melawan Vietnam berakhir seri 2-2. Atas hasil tersebut, Boaz Salossa dan kawan-kawan dipastikan lolos untuk maju ke babak Final Piala AFF Suzuki 2016.

Vietnam memulai pertandingan dengan menyerang terlebih dahulu, namun berhasil digagalkan barisan pertahanan Indonesia. Skor kacamata bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Indonesia memimpin pertandingan berkat gol Stefano Lilipaly yang memanfaatkan kemelut di depan gawang di menit ke-54. Gol itu membuat Vietnam semakin menekan barisan pertahanan Indonesia.

Perjuangan anak asuh Nguyen Huu Thang akhirnya menuai hasil di menit 83 berkat gol yang dicetak oleh Thanh Vu Van. Jelang menit-menit terakhir, Tuan Vu Minh kembali membobol gawang yang dijaga Kurnia Meiga, alhasil skor menjadi 2-2 dan pertandingan harus berlanjut ke babak pertambahan waktu.

Sejak menit ke-90, Indonesia berkali-kali mengancam gawang Vietnam dengan serangan balik. Semangat pantang menyerah terus ditunjukkan kedua tim.

Kesalahan fatal yang dilakukan kiper pengganti dengan menjatuhkan Ferdinan Sinaga berbuah Pinalti di menit ke-97. Tendangan dari titik putih berhasil diselesaikan dengan baik oleh Manahati Lestusen.

Kebobolan satu gol di perpanjangan waktu, membuat Vietnam terus berusaha menekan Indonesia. Sejumlah tendangan dilakukan, namun berhasil dipatahkan seluruhnya oleh barisan pertahanan Indonesia. Skor 2-2 terus bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan hasil ini, Indonesia dinyatakan lolos ke babak Final Piala AFF Suzuki 2016. Indonesia unggul dengan agregat 3-2 dari Vietnam.

Lawan Indonesia di Final menunggu hasil pertandingan Semifinal lainnya, yang mempertemukan Thailand dan Myanmar. [tyo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini