Penyakit Bukan Datang dari Daging Namun dari Cara Pengolahannya

Selasa, 26 November 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Penyakit Bukan Datang dari Daging Namun dari Cara Pengolahannya Ilustrasi pria makan daging. ©Shutterstock.com/Lisa A

Merdeka.com - Selama ini, konsumsi daging seperti sapi dan ayam disebut bisa jadi penyebab munculnya penyakit. Namun secara lebih tepat, hal ini lebih disebabkan oleh cara pengolahannya.

"Produk pangan asal hewani tidak bisa menjadi pemicunya, namun proses masaknya bisa jadi pemicunya," kata dokter hewan Wayan Wiryawan di Jakarta.

Wayan yang merupakan pengurus dan anggota Asosiasi Dokter Hewan Perunggasan Indonesia itu mengatakan bahwa bukan daging yang bisa menyebabkan kanker. Selain itu, apabila dimasak dengan benar, daging masih tetap baik untuk dikonsumsi.

"Tidak semua proses memasak menimbulkan kanker. Satu contoh dibuat dengan steam atau dikukus atau digoreng dengan tidak melebihi lamanya waktu atau dagingnya tidak sampai rusak, itu tidak akan memicu penyakit gangguan metabolik," kata Wayan.

1 dari 1 halaman

Bakteri Lebih Dikhawatirkan

Wayan menambahkan, yang patut dikhawatirkan dari produk hewani seperti daging, telur, dan susu adalah potensi bakteri yang resisten antibiotik.

"Itu yang sesungguhnya menjadi kekhawatiran," kata Wayan menambahkan.

Maka dari itu, apabila kamu ingin mengonsumsi daging, masaklah produk tersebut dengan suhu tinggi agar bisa membunuh bakteri. Ini tidak hanya berlaku pada daging tapi juga sayuran.

Penting untuk melakukan pengolahan daging dengan tepat. Gunakan talenan yang tidak bercampur, serta cucilah tangan sebelum dan sesudah mengolahnya agar bakteri tidak masuk.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Demi Jaga Kesehatan, Penting untuk Mengetahui Keadaan Jajanan yang Dikonsumsi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini