Ketahui Waktu yang Tepat Kapan Anak Berhenti Pakai Dot

Jumat, 4 Juni 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketahui Waktu yang Tepat Kapan Anak Berhenti Pakai Dot bayi ngedot. shutterstock

Merdeka.com - Pada balita, salah satu kebiasaan yang kerap kita temui adalah penggunaan dot pada anak. Hal ini kerap dilakukan oleh anak dan kadang tetap mereka lakukan hingga terus-menerus.

Dokter spesialis gigi anak dari Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI), Eriska Riyanti menuturkan, anak masih boleh menggunakan dot atau pengganti puting susu ibu hingga usianya tak lebih dari empat tahun.

"Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia menyarankan penggunaan dot tidak lebih dari maksimal usia anak 4 tahun. Pada saat itu, (kemampuan motorik halus) anak-anak sudah sempurna ditambah pola mengunyah (selain menelan, menghisap sejak lahir)," tutur dia dalam sebuah diskusi kesehatan beberapa waktu lalu.

Menurut dokter yang menjabat sebagai ketua peneliti di Departemen Kedokteran Gigi Anak, Fakultas Kedokteran Gigi Unversitas Padjadjaran (UNPAD) itu, saat anak berusia empat tahun, kemampuan motorik halusnya atau oromotor harus berkembang dengan baik. Bila motorik halus ini tidak berkembang dengan baik maka proses mekanisme masuknya makanan sampai ke dalam perut tidak akan berlangsung baik.

Baca Selanjutnya: Pentingnya Biasakan Anak Gerakkan Otot...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini