Ini Alasan Bayi yang Baru Lahir Tidak Mengeluarkan Air Mata Ketika Menangis

Minggu, 22 November 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Alasan Bayi yang Baru Lahir Tidak Mengeluarkan Air Mata Ketika Menangis Ilustrasi bayi menangis. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Marina Dyakonova

Merdeka.com - Pada saat masih bayi, seorang anak yang baru dilahirkan biasanya akan menangis untuk menunjukkan ada hal yang tak nyaman pada diri mereka. Hal ini merupakan cara komunikasi satu-satunya yang bisa dilakukan oleh bayi.

Tangisan pada bayi merupakan hal biasa yang mereka lakukan sehari-hari. Namun apakah kamu pernah menyadari bahwa pada bayi tersebut terdapat satu hal yang berbeda dari tangisan mereka?

Berbeda dari tangisan pada orang dewasa, pada bayi biasanya tidak muncul air mata ketika menangis. Lalu mengapa bayi tidak mengeluarkan air mata ketika menangis?

Air mata sendiri merupakan mekanisme yang dilakukan oleh tubuh untuk melindungi mata dan membuatnya tetap lembap. Hal ini juga keluar ketika terjadi emosi yang ekstrem pada diri seseorang seperti saat sedih, marah, atau bahkan bahagia.

Dilansir dari Live Science, Sage Timberline, dokter anak dari University of California, Davis, mengungkap bahwa selain melindungi mata, air mata juga melepaskan hormon yang bisa melepaskan stres. Hal ini merupakan manfaat yang bisa didapat dari menangis.

Baca Selanjutnya: Sejak Lahir Bayi Sudah Memiliki...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini