Ini Cara Merawat dan Melindungi Kesehatan Kulit Sehari-Hari

Kamis, 16 Desember 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Cara Merawat dan Melindungi Kesehatan Kulit Sehari-Hari Ilustrasi memakai krim wajah. © iStock

Merdeka.com - Merawat kulit sejak awal bisa menjadi investasi jangka panjang pada kesehatan kulit. Hal ini bisa menghemat biaya perawatan di kemudian hari serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Penggunaan skincare atau perawatan kulit merupakan hal yang penting dilakukan bahkan sejak usia dini. Pasalnya melakukannya secara lebih awal bisa membantu mencegah munculnya masalah kemudian.

Dr. dr. Dhelya Widasmara Sp.KK(K) pada Webinar Hari Jadi IIDI ke-67 yang dilakukan IIDI Cabang Malang beberapa waktu lalu mengungkap sejumlah manfaat dari penggunaan skincare ini. Selain bermanfaat bagi kesehatan kulit, penggunaan skincare ini juga bisa berdampak positif pada mental seseorang.

"Kalau kita memakai skincare, kita merasa pede dan lebih positif," jelas dr. Dhelya.

Dalam penggunaan skincare ini, dr. Dhelya mengungkap perawatan yang wajib digunakan. Secara sederhana, dijelaskan hanya ada tiga skincare yang sebenarnya wajib digunakan.

"Yang pertama adalah cleanser, terus moisturizer, atau protection seperti tabir surya atau sunscreen, yang kalau di Indonesia ini SPF 30," terangnya.

Dalam penggunaannya, urutan skincare ini juga harus tepat dan runtut. Hal ini penting untuk menjaga kondisi kesehatan kulit kita.

"Layering skincare harus betul, dari yang rendah hingga yang tinggi," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Sunscreen Bahkan untuk Ibu Rumah Tangga

Salah satu skincare yang diwanti-wanti oleh dr. Dhelya agar tidak terlewat adalah sunscreen. Pasalnya, penggunaan sunscreen secara tetap bisa bisa menunda tanda-tanda penuaan. Dia bahkan menyarankan untuk perawatan sejak usia sedini mungkin.

"pada usia 10, sebenarnya anak sudah mulai bruntusan kulit karena hormonal. Nah, sejak usia itu sebenarnya kulit sudah perlu dirawat," terangnya.

Penggunaan sunscreen ini juga tetap penting dilakukan walau seseorang berada di rumah saja. Hal ini terutama penting pada ibu rumah tangga yang walau di rumah saja tapi memiliki banyak aktivitas dan tuntutan keseharian.

"Ibu rumah tangga walau di rumah saja tapi bisa muncul masalah kulit akbibat stres," jelasnya.

Walau berada di rumah saja, seseorang disarankan tetap menggunakan sunscreen minimal dengan kandungan SPF 30. Hal ini untuk mencegah risiko masalah yang mungkin muncul akibat kulit terpapar sinar matahari.

"karena walau di rumah saja kan kadang perlu keluar sebentar untuk buang sampah atau melakukan hal lain. Walau cuma sebentar tapi sinar UV ini tetap bisa masuk ke kulit kita," terang dr. Dhelya.

"Selain itu, ada kemungkinan sinar UV juga mungkin bisa tetap bisa masuk ke dalam rumah ke kulit kita," sambungnya. [RWP]

Baca juga:
Jangan Mudah Tergiur Memuluskan dan Memutihkan Kulit dengan Cepat
Pentingnya Perawatan Kulit Bayi Terhadap Proses Tumbuh Kembang
Muncul Jerawat di Bagian 'Biji", Ini Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini