Biasakan Memakai Masker saat Berbicara, Ini Cara Membuatnya Lebih Mudah Dilakukan

Senin, 2 Mei 2022 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Biasakan Memakai Masker saat Berbicara, Ini Cara Membuatnya Lebih Mudah Dilakukan Ilustrasi Menggunakan Masker. ©CDC's Public Health Image Library

Merdeka.com - Menggunakan masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang harus dilakukan oleh siapa pun. Hal ini terutama penting dilakukan ketika kita bertemu orang lain.

Banyak orang kerap mengalami kesulitan berbicara pada saat menggunakan masker. Hal ini kerap membuat banyak orang menurunkan masker mereka pada saat berbicara.

Menurunkan masker pada saat berbicara terutama ketika bertemu dengan orang lain bisa berdampak sangat fatal. Hal ini bisa membuat kita dan orang lain menjadi rentan terinfeksi virus.

Penting untuk terus menggunakan masker kita terutama ketika sedang berbincang dengan orang lain. Terdapat sejumlah hal yang bisa kita terapkan untuk mencegah masalah kesulitan berbicara pada saat menggunakan masker.

1. Gunakan Masker Medis

Dibanding masker kain, masker medis memiliki ukuran dan bentuk yang memudahkan kita untuk berbicara. Mengganti masker kain dengan masker medis setidaknya bisa membantu mencegah masalah berupa kesulitan untuk nernicara.

2. Pastikan untuk Memakai Masker dengan Besar

Penggunaan masker yang tepat harus benar-benar menutup bagian mulut hingga janggut. Penggunaan masker dengan benar bisa membantu mengurangi kendala yang muncul pada saat kamu berbicara.

2 dari 2 halaman

Hal Lain yang Harus Diperhatikan

yang harus diperhatikan rev2

3. Kencangkan Masker

Ketik menggunakan masker medis, mengencangkan masker terutama pada bagian kawat di atas harus dilakukan. Selain membantu dalam mencegah risiko infeksi COVID-19, hal ini juga bisa membantu terhindar dari kesulitan pada saat berbicara.

4. Jangan Buka Mulut Terlalu Lebar

Pada saat menggunakan masker, mulut kita tertutup sehingga agar mempermudah bicara, disarankan untuk jangan membuka mulut terlalu lebar. Berbicara dengan hanya sedikit membuka mulut bisa membantu untuk menghindari masalah.

5. Jangan Tergesa-Gesa

Bicara secara perlahan bisa membuat suaramu terdengar jelas tanpa harus terlalu lantang. Selain itu, hal ini juga mencegah mulutmu terlalu sering menyentuh permukaan masker saat berbicara.

6. Cukur Kumis dan Jenggot

Bagi pria, adanya kumis dan jenggot bisa mengganggu ketika kamu berbicara. Kumis dan jenggot biasanya bisa menempel dan mennancap pada masker ketika kamu berbicara, oleh karena itu, disarankan untuk mencukurnya bersih.

Baca juga:
Perut Tetap Kenyang Selama Puasa, Ketahui Buah Yang Harus Dikonsumsi Saat Sahur
Tubuh Harus Tetap Aktif, Ketahui Cara Mengatasi Konstipasi Saat Puasa
Dehidrasi dan Menunda Berbuka jadi Masalah Umum selama Mudik Lebaran
Cara Makan Sehat bagi Pasien Diabetes dan Hipertensi saat Lebaran

Baca juga:
Perut Tetap Kenyang Selama Puasa, Ketahui Buah Yang Harus Dikonsumsi Saat Sahur
Tubuh Harus Tetap Aktif, Ketahui Cara Mengatasi Konstipasi Saat Puasa
Dehidrasi dan Menunda Berbuka jadi Masalah Umum selama Mudik Lebaran
Cara Makan Sehat bagi Pasien Diabetes dan Hipertensi saat Lebaran

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini