Apa yang Bisa Dilakukan Jika Balita Terpaksa Diajak ke Rumah Sakit? Ini Kata Dokter

Jumat, 19 Februari 2021 20:04 Reporter : Tantri Setyorini
Apa yang Bisa Dilakukan Jika Balita Terpaksa Diajak ke Rumah Sakit? Ini Kata Dokter Ilustrasi bayi. ©Shutterstock.com/KPG_Payless

Merdeka.com - Saat pandemi seperti ini, kebanyakan orangtua enggan mengajak anak ke rumah sakit. Pasalnya, risiko terpapar virus di sana lebih besar. Bahkan tak sedikit orangtua yang menangguhkan jadwal imunisasi anak karena alasan ini. Walaupun begitu, kadang kunjungan ke rumah sakit tak bisa dihindari. Lalu bagaimana caranya agar anak tetap terlindungi?

Melalui acara Popok Baby Happy Mengedukasi Masyarakat untuk Bangkit Menjawab BeragamTantangan Keluarga di Era Normal Baru, dr. Kanya Ayu Paramastri, Sp.A. memberikan beberapa saran yang bisa diterapkan orangtua saat anak terpaksa diajak ke rumah sakit. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Cari Rumah Sakit yang Memisahkan Tempat anak Sehat dan Sakit

Tak semua rumah sakit menerapkan kebijakan seperti ini. Namun jika memungkinkan, pilih rumah sakit yang punya unit khusus untuk pasien anak sehat dan sakit sebagai langkah pencegahan.

2. Pakaikan Baju Tertutup kepada Anak

Pakaikan baju yang tertutup seperti jaket hoodie atau kain selendang untuk menghalangi paparan virus dan bakteri. Jika memungkinkan, pakaikan juga masker medis.

Baca Selanjutnya: 3 Gendong Menghadap Tubuh Orangtua...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini