MERDEKA.COM » REPORTER » MUHAMMAD ZUL ATSARI
258 berita dan foto

    Ada jenis sampah yang tidak bisa didaur ulang, yakni plastik kemasan. Ovy dan Novi memutar otak. Kini dia berhasil mengolah sampah-sampah itu menjadi paving block dan menjualnya.

    Namanya Yohana Baransano. Hatinya tergerak melihat tanah kelahirannya rusak. Pantai tempatnya bermain semasa kecil kini kotor karena sampah.

    Tempat yang menyediakan jasa rapid test kini bermunculan. Bahkan, alatnya kini mulai dijual bebas di marketplace atau e-commerce, juga di media sosial.

    Berekspresi di media sosial tak ubahnya memantik api kebencian. Sekali melontarkan kritik, serangan dari pihak berseberangan pun bermunculan.

    Bekerjasama dengan Kemenaker, Diaspora Indonesia meluncurkan program Diaspora Peduli. Program bantuan sosial senilai 75 dolar AS dari Diaspora Indonesia yang diperuntukkan bagi pekerja tanah air terkena PHK akibat Covid-19.

    Sudah tiga bulan masyarakat Indonesia bertahan menghadapi wabah pandemi corona. Banyak aspek terdampak. Mulai dari ekonomi, sosial dan budaya.

    Erajaya Group merasakan penjualan selama pandemi lebih rendah dibanding biaya operasional tinggi. Berbagai upaya pun diterapkan demi mempertahankan laju bisnis mereka.

    Penerapan jaga jarak karena pandemi Covid-19 membuat beragam tradisi mesti dikesampingkan. Salat tarawih berjamaah, mudik, hingga silaturahmi dengan keluarga besar dan kerabat pun harus dilakukan dengan cara baru.

    Tasya Lumentah, siswa SMAN 1 Tondano Sulawesi Utara bercerita bagaimana dia melakukan berbagai persiapan menghadapi UN. Dia juga mengaku kecewa karena tidak bisa merayakan kelulusan seperti angkatan sebelumnya.

    Deti kurnia merupakan seorang perempuan pengendali ekosistem hutan di Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum).

    Dalam episode Merdeka Bicara kali ini, kami berbincang dengan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro tentang penelitian vaksin yang sedang dan akan dilakukan pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19.

    Pemerintah berusaha menjamin dengan memberi bantuan sosial untuk pelaku UMKM terdampak Covid-19. Namun, itu bukan perkara mudah. Masalah data lagi-lagi menjadi persoalan pelik.

    Metode transfer plasma darah, digadang-dagang bisa menyembuhkan pasien dan diharapkan memutus mata rantai. Sayang, ini tidak berbentuk obat massal.

    Bisnis sektor ini, meski diuntungkan dengan melonjaknya trafik internet, tidak serta merta berdampak positif terhadap seluruh pendapatan global di industri telekomunikasi.

    Seluruh jadwal penerbangan dalam kurun waktu itu pun terpaksa dibatalkan. Citilink pun menyiapkan pengembalian dana bagi calon penumpang yang sudah memesan tiket. Pilot dan Pramugari mereka pun dipulangkan.

    Sehan Salim mengaku kesal. Sebab aturan mengenai pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah pusat dirasa berbelit dan terlalu birokratis.

    Di tengah pandemi Covid-19, Seno Bayu Aji, dokter Kesehatan Jiwa Rumah Sakit Islam Banjarnegara, kembali menemukan praktik tersebut. Penyebabnya, keluarga pasien gangguan jiwa ketakutan mendatangi rumah sakit.

    Sejumlah organisasi dunia mengapresiasi kebijakan tersebut. Penghargaan pun didapat Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Namun, kritik yang mesti dia telan juga tak sedikit.

    Kendati dikritik dari berbagai lini, program asimilasi ini terus berjalan. Yasonna sendiri menegaskan, tidak ada rencana untuk mengevaluasi program tersebut.

    Badarudin mempersilakan lahan seluas 2.500 meter persegi miliknya untuk digunakan sebagai peristirahatan terakhir korban virus Corona. Meski sempat tidak disetujui warganya, namun Badarudin berhasil meyakinkannya.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|