WNI Mencoblos di Chicago Disuguhi Cendol Durian dan Nastar

Senin, 15 April 2019 09:56 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
WNI Mencoblos di Chicago Disuguhi Cendol Durian dan Nastar Pencoblosan di Chicago. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pelbagai cara dilakukan Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) untuk menarik warga negara Indonesia menyalurkan hak suaranya. Seperti dilakukan PPLN Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago.

Mereka menyuguhi cemilan khas tanah air seperti cendol durian dan nastar. Terdapat 471 warga negara Indonesia mencoblos di TPS Chicago yang dibuka di Indonesian Cultural Center–Chicago pada Sabtu (13/4). Mereka mengantre dengan tertib sejak pukul 08.00 pagi untuk memberikan suaranya.

"Antreannya panjang. Tapi enggak kerasa, soalnya bisa ketemu teman-teman di sini. Tambah asyik, karena ada cendol durian dan nastar," kata Ivan, mahasiswa Indonesia yang tinggal di Urbana, seperti keterangan tertulis KJRI di Chicago yang diterima merdeka.com, Senin (15/4).

Ivan mengaku bersama teman-teman menempuh perjalanan 2 jam untuk datang ke Chicago. Dengan semangat nasionalisme yang tinggi, ratusan WNI di Midwest menempuh perjalanan jauh untuk bisa menggunakan hak pilih mereka.

Bagi mereka, Pemilu bukan saja pesta demokrasi. Pemilu di luar negeri juga merupakan kesempatan untuk bisa bertemu dan berkumpul dengan masyarakat Indonesia lainnya. Di kesempatan inilah, mereka bisa melepaskan kerinduan mereka terhadap tanah air.

"KJRI Chicago, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Chicago, Panwaslu Chicago dan KPPSLN Chicago bekerjasama untuk memastikan penyelenggaraan pemilu untuk masyarakat Indonesia di Midwest bisa berlangsung dengan baik, tertib dan transparan," ujar Konsul Jenderal RI di Chicago, Rosmalawati Chalid.

"Partisipasi pemilih Chicago tahun ini meningkat 300% dibandingkan yang datang ke TPS pada tahun 2014. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada masyarakat Indonesia di Midwest, yang telah memberikan dukungan bagi terselenggaranya pemilu dengan lancar dan tertib hari ini," tambah ketua PPLN Chicago, Martino Tangkar.

Selain diawasi Panwaslu, pemilihan di Chicago juga dihadiri saksi dari paslon 01, 02 dan parpol. Pada pukul 18.00 sore, pemilih terakhir memasukkan surat suaranya dan kotak suara pun resmi disegel. Seluruh surat suara, termasuk yang diterima melalui pos, akan dihitung pada hari Rabu (17/4). Penghitungan ini akan dilakukan di Indonesian Cultural Center–Chicago, sejak pukul 08.00 pagi. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini