Terjun ke politik, juara dunia badminton Hariyanto Arbi daftar caleg PSI

Kamis, 28 September 2017 11:19 Reporter : Mardani
Terjun ke politik, juara dunia badminton Hariyanto Arbi daftar caleg PSI Hariyanto Arbi. ©kapanlagi.com

Merdeka.com - Salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi, memutuskan terjun ke dunia politik. Mantan pebulutangkis dengan sederet prestasi dunia itu menjadi calon legislatif (caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pebulutangkis yang dijuluki dengan 'Smash 100 Watt' ini mengaku salah satu alasannya menjadi caleg karena ingin memperjuangkan kesejahteraan atlet dan mantan atlet. Dia mencontohkan nasib mantan petinju Ellyas Pical yang dulu dielu-elukan, tetapi sekarang nasibnya kurang beruntung.

"Banyak Ellyas-Ellyas lain di luar sana yang mengharumkan nama Indonesia, tetapi setelah pensiun tidak sejahtera," kata Hariyanto Arbi dalam keterangannya, Kamis (28/9).

Menurutnya, olahraga merupakan sarana penting untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di kancah dunia. Karena itu, menurutnya, perlu perhatian yang lebih serius tentang kebijakan anggaran (budgeting) di sektor olahraga.

Hariyanto Arbi mendaftar menjadi caleg PSI, Rabu (27/9) kemarin. Dia langsung datang ke DPP PSI Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

"Terima kasih Bro Hari, telah mempercayai PSI sebagai parpol pilihan untuk memperjuangkan nasib mantan atlet di Indonesia. Harus ada yang peduli dan orang yang peduli itu ya harus orang yang mengerti olahraga. Saya mengapresiasi semangat Hari untuk berjuang di parlemen meningkatkan kesejahteraan mantan atlet, me-smash para koruptor, mengatasi berbagai masalah olahraga di tanah air," kata Ketua Umum PSI, Grace Natalie.

Sekjen PSI, Raja Juli Antoni mengatakan Hari juga berjuang untuk melepaskan sekat-sekat ras, agama, lewat raket melawan diskriminasi.

"Saya ingat ketika bangsa kita dicabik kerusuhan etnis pada 1998, Hari sedang berjuang di luar negeri mengharumkan nama Indonesia berhasil merebut Piala Thomas. Saat itu, di tengah masih kacaunya kondisi republik, masih ada yang kita banggakan, yaitu perjuangan Hari. Semoga dengan jiwa dan akal yang fresh Hari akan me-smash korupsi dan anti-intoleransi," katanya.

Hariyanto Arbi menjadi juara dunia tunggal putra pada 1995. Selain itu, dia juga memiliki segudang prestasi lainnya, yakni; juara Hong Kong Terbuka tahun 1994 dan 1995, juara All England tahun 1993 dan 1994, Jepang Terbuka tahun 1993, 1995, Taipei Master tahun 1993, 1994, juara dunia State Express 555 tahun 1994, ASEAN Games juara beregu tahun 1994 dan perorangan, Juara di kejuaraan Dunia tahun 1995, juara Piala Thomas tahun 1994, 1996, 1998, 2000. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Partai Solidaritas Indonesia
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini