Tanggapan TKN Ada Menteri Ikut Kampanye Jokowi

Senin, 25 Maret 2019 22:04 Reporter : Sania Mashabi
Tanggapan TKN Ada Menteri Ikut Kampanye Jokowi Acara Ngobrol Inspiratif Bareng Jokowi. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menilai tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari pelibatan menteri dalam kampanye terbuka Pemilu 2019. Sebab menteri dinilai sebagai jabatan yang politis.

"Menurut saya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan terlibatnya para menteri dalam kampanye di pilpres 2019 nanti. Karena jabatan menteri itu adalah jabatan politik," kata Juru Bicara TKN Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/3).

Menurut Ace, menteri punya kewajiban khusus untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Sehingga harus membeberkan capaiannya selama menjabat sebagai menteri di kabinet kerja.

"Yang mereka punya kewajiban untuk mengkampanyekan Pak Jokowi ya karena dengan itulah maka kemudian dia bertanggungjawab kepada Pak Jokowi dan kepada masyarakat Indonesia. Dari capaian-capaian dari setiap kementerian tersebut," ungkapnya.

Dia juga meminta semua pihak untuk tidak khawatir adanya konflik kepentingan dari pelibatan menteri di kampanye terbuka. Tambahnya, jika aturan yang dibuat sudah ketat maka pelanggaran para menteri dalam kampanye juga terhindarkan.

"Dari sejak dulu yang namanya menteri ya terlibat didalam konteks kampanye didalam demokrasi manapun yang namanya menteri sebagai jabatan politik ya dia harus memiliki keberpihakan politik," ucapnya.

"Nah tinggal kan sistemnya mereka supaya tidak sampai melanggar aturan-aturan pemilu misalkan penggunaan fasilitas negara memobilisasi kekuasaan ASN ya kemudian memanfaatkan program-program pemerintah ya untuk kepentingan-kepentingan elektoral gitu. Itu menurut saya sesuatu yang jelas diatur didalam Undang-Undang Pemilu dan Peraturan KPU," tandasnya.

Diketahui, kampanye terbuka atau rapat umum Pilpres maupun Pemilu Legislatif dimulai Minggu (24/3). KPU telah merilis jadwal kampanye terbuka pasangan capres-cawapres. Pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf melakukan kampanye terbuka perdana di Serang, Banten, Minggu (24/3) sore.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir mengatakan, kampanye sore nanti akan dihadiri massa dalam jumlah besar. Selain Banten, pihaknya akan membawa cawapres Ma'ruf Amin berkeliling ke berbagai daerah. Dalam agenda ini, pihaknya juga akan melibatkan para menteri Kabinet Kerja.

"Kami sudah rapat pleno, kita juga Insya Allah dari titik-titik yang ada, kita akan sapa tujuh kali, tapi tidak kita sendiri tapi banyaknya jurkamnas, termasuk menteri-menteri yang cuti untuk berkampanye," tegas Erick di Alun-alun Tangerang, Minggu (24/3). [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini