Survei LSI Denny JA sebut elektabilitas Airlangga sebagai cawapres meroket

Rabu, 25 Juli 2018 18:38 Reporter : Rizky Andwika
Survei LSI Denny JA sebut elektabilitas Airlangga sebagai cawapres meroket Pertemuan pimpinan Partai Golkar dan Bawaslu. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei bertajuk tentang 'Empat Isu Partai Politik dan Ketua Umum'. Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar menyebutkan tak ada perubahan dari sisi elektabilitas partai.

Menurut Rully, terjadi perubahan dari sisi status politik ketua umum partai. Di partai-partai kubu Jokowi, tiga ketum partai ini yang naik statusnya. Ketiga nama ketua umum tersebut adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

"Dari ketiga tokoh tersebut, Airlangga Hartarto yang meroket dilihat dari lonjakan sisi pengenalan, kesukaan, dan citra untuk strong government," kata Rully di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Rabu (25/7).

Namun jika dibandingkan dengan ketua umum partai politik kubu Jokowi, popularitas Airlangga memang masih kalah dari Megawati (95.7%) maupun Surya Paloh (62.1%). Namun popularitas Airlangga melonjak signifikan sejak Januari 2018.

Rully menjabarkan Airlangga meroket dari sisi keterkenalan dan citra untuk penguatan pemerintah.

"Pada Januari 2018, popularitas Airlangga hanya 15,4 persen. Pada Mei 2018 mengalami kenaikan 25,3 persen. Dan saat ini Juli 2018, popularitas Airlangga sebesar 44 persen. Artinya ada kenaikan 18,7 persen dibanding dua bulan lalu," ucap Rully.

Survei digelar pada 29 Juni-5 Juli 2018 dengan metode multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei sebanyak 1.200 responden dan toleransi kesalahan (margin of error) -+ 2,9 persen. [rzk]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini