Simulasi Debat Cawapres, Ma'ruf Amin Lebih Fokus Atur Waktu Presentasi

Selasa, 12 Maret 2019 18:43 Reporter : Ahda Bayhaqi
Simulasi Debat Cawapres, Ma'ruf Amin Lebih Fokus Atur Waktu Presentasi maruf amin di istora senayan. ©2019 Merdeka.com/intan umbari

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengakui masalah waktu masih menjadi persoalan utama menjelang debat cawapres. Simulasi debat yang dijalaninya, banyak fokus bagaimana memangkas gaya dakwah sang kiai ke atas panggung debat.

"Bagaimana saya harus bisa biasa, saya kan ngomong panjang ngaji itu kan panjang," ucap Ma'ruf usai pertemuan di kantor TKN di gedung High End, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).

Ketum MUI itu menyebut masih sulit untuk menyesuaikan waktu. Demi debat, Ma'ruf mengatakan harus bisa mengubah cara presentasinya. Pada debat pertama, Ma'ruf sempat ditegur moderator karena penyampaiannya panjang dan mirip pidato.

"Harus menyesuaikan," ucap Ma'ruf singkat.

Anggota tim debat TKN, Tina Talisa memastikan Ma'ruf akan membawa gaya apa adanya ke atas panggung. Yakni gaya keulamaannya akan tetap dipertahankan.

Sementara terkait teknis, Tina berujar melatih Ma'ruf dari segi presentasi. Tujuannya agar penyampaian tepat waktu dan tepat sasaran.

"Penyesuaian ini penting untuk cawpares 01 untuk bisa menyampaikan pesan dengan subtansi jelas dan teknis persentasi tepat," kata mantan presenter televisi itu.

Sedangkan tim yang membantu Ma'ruf dipastikan Ketua TKN Erick Thohir tak banyak berubah. Diantaranya adalah eks presenter Tina Talisa, praktisi komunikasi Rizal Mustary dan Riza Primadi, dan Direktur Program Aria Bima.

Wakil Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Ipang Wahid ikut menemani Ma'ruf Amin. Hadir di gedung High End, Ketua TKN Erick Thohir, Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding, Arsul Sani, serta Wadir Saksi TKN Lukman Edy.

Di lokasi hadir pula anggota KSP Deputi II Yanuar Nugroho. Kendati keberadaannya di sana, dia menampik memberikan masukan debat cawapres. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini