Prabowo janjikan Rp 1 M tiap desa, ini kata Timses Jokowi-JK

Sabtu, 14 Juni 2014 00:40 Reporter : Fikri Faqih
Prabowo janjikan Rp 1 M tiap desa, ini kata Timses Jokowi-JK Prabowo Subianto . ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Tim sukses Jokowi - JK berpendapat jika visi misi capres dan cawapres Prabowo - Hatta yang akan mengalokasikan dana pembangunan Rp 1 miliar setiap desa itu menyesatkan. Sebab, bantuan untuk desa itu sudah tercantum pada undang-undang tentang desa.

"Intinya janji bantuan setiap desa itu menyesatkan. Alasannya, janji bantuan setiap desa opini seolah-olah bantuan desa berasal dari capres atau perseorangan. Padahal itu mandat Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa, di mana ada alokasi dana untuk desa-desa di Indonesia," kata Anggota Tim Sukses Jokowi - JK , M Hanif Dhakiri, di Media Center Jokowi - JK , Jalan Cemara nomor 19, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/6).

Dia mengatakan, undang-undang tersebut memang sudah menjadi kewajiban seorang presiden untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan desa. Aturan tersebut, kata dia, seolah menjadi buram karena itu mandat dari UU desa.

"Jadi siapapun capres tetap akan menjalankan UU desa tersebut. Dengan janji itu maka seolah-olah membuat mengaburkan asalnya," tuturnya.

"Jumlah 1 miliar itu tidak jelas, bahwa alokasi dana dari APBN itu bisa bervariasi, tergantung penduduk dan luas wilayah dan kondisi. Bahkan berbahaya karena akan menyamaratakan, ada 72 ribu desa akan menerima rata-ratanya. Padahal ketentuan dalam UU desa tidak begitu. Ada yang menerima di bawah 1 milliar ada yang lebih," tambahnya.

Oleh karena itu, janji-janji Prabowo yang ditawarkan kepada masyarakat dinilai bermuatan politis. Sebab, UU desa itu sudah dirancang sesuai kebutuhan masing-masing desa. "Menurut saya menodai perjuangan kepala desa, karena ini klaim politik. Karena kepala desa yang menyampaikan ke DPR dan menjadikan usulan RUU desa menjadi UU desa. Kepala desa sudah mati-matian agar UU Desa disahkan. Tapi tiba-tiba muncul klaim adanya bantuan dari salah satu capres," keluh dia.

Seperti diketahui, Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Prabowo Subianto dalam kampanye terbuka di pelataran parkir Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, berjanji akan mengalokasikan dana pembangunan Rp 1 miliar setiap desa yang diberikan setiap tahunnya.

"Kalau rakyat Indonesia memberikan amanah kepada saya menjadi presiden nantinya, saya akan mengalokasikan dana Rp 1 miliar untuk desa setiap tahunnya," kata Prabowo Subianto dalam orasi politiknya berapi-api.

Katanya, dana sebesar itu yang dialokasikan untuk desa guna meningkatkan dan memperkuat roda perekonomian di desa-desa. Karena, katanya, membangun perekonomian harus melalui desa. [gib]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini