PPP Buka Peluang Keluar dari KIB

Rabu, 5 Oktober 2022 12:57 Reporter : Ahda Bayhaqi
PPP Buka Peluang Keluar dari KIB Plt Ketum PPP Mardiono. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan, Mukernas PPP yang akan digelar awal tahun depan akan membahas posisi partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu akan dibahas jika calon presiden hasil Mukernas tidak dapat diperjuangkan di dalam koalisi.

Arsul mengatakan, Mukernas akan mendengar aspirasi kader PPP siapa calon presiden yang akan diusung. Akan dibahas posisi PPP di KIB bila nama yang muncul tidak bisa diperjuangkan di koalisi.

"Mau tidak mau harus mendengarkan dari semua pemegang saham di situ siapa? Nanti kira-kira yang paling satu kuat itu siapa dukungannya disuarakan dalam Mukernas," kata Arsul kepada wartawan dikutip Rabu (5/11).

"Yang kedua tentu kemudian apakah ini mungkin atau tidak diperjuangkan di koalisi PPP di KIB itu," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Maka dari itu, terbuka juga peluang PPP untuk keluar dari KIB. "Di politik yang tetap itu hanya perubahan itu sendiri," sambung Arsul.

Namun, untuk saat ini posisi PPP tetap bersama KIB. Arsul menegaskan, belum ada struktur PPP yang meminta partai untuk keluar dari PPP.

"Saat ini saya katakan belum, tidak ada struktur PPP yang meminta agar pengurus pusat DPP keluar dari KIB. Tidak ada sampai sekarang," katanya.

3 dari 3 halaman

Berpeluang Usung Anies

Arsul mengakui PPP membuka peluang mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Apalagi hasil Mukercab PPP DKI Jakarta mendorong partai untuk mengusung Anies.

"Semua masih berpeluang. Jadi semua masih berpeluang. Itu nanti akan ketahuan kalau sebelum Mukernas yang namanya DPW DPW itu akan mukerwil musyawarah kerja wilayah mendengar dari DPC DPC menyuarakan siapa saja," kata Arsul.

Seperti diketahui, NasDem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. NasDem membuka peluang koalisi kepada siapapun yang ingin bersama mendukung Anies maju di Pemilu 2024. [rnd]

Baca juga:
NasDem Deklarasi Anies, PAN Akan Putuskan Capres Bareng KIB
Waketum PPP Goda Elite Demokrat Agar Gabung KIB
Pencalonan Anies sebagai Capres Bakal Ubah Peta Koalisi
KIB Santai NasDem Deklarasi Anies Capres: Yang Penting Kita Punya Tiket Lebih Dulu
PPP Gelar Mukernas Bahas Capres dan Evaluasi Posisi di KIB Awal Tahun 2023

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini