Perjelas Peta Pilpres 2024, PKB Sebut Tunggu Capres dari PDIP

Minggu, 25 September 2022 22:35 Reporter : Alma Fikhasari
Perjelas Peta Pilpres 2024, PKB Sebut Tunggu Capres dari PDIP jazilul fawaid. ©2022 Merdeka.com/antara

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengakui bahwa partainya tengah menunggu sosok calon presiden (capres) yang akan diusung oleh PDI Perjuangan untuk Pilpres 2024. Hal itu juga dinantikan oleh semua partai politik lainnya.

"Bukan hanya PKB, partai-partai yang lain juga menunggu seperti apa sikap PDIP. Capresnya siapa lah kira-kira. Kami juga menunggu," kata Jazilul saat diwawancarai di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9).

Jazilul menjelaskan, partai lain sedang menunggu sosok capres dari PDIP, untuk memperjelas bagaimana peta dinamika Pemilu 2024 mendatang.

"Di 2024 tentu kami berharap bingkai ini dirangkai sampai ada pasangan. Kalau visi kan sudah sama nih, platform sama semua, tinggal Presiden dan Wapres-nya, sama enggak," ujarnya.

Kendati demikian, Jazilul menegaskan kembali bahwa PKB tetap menyatakan Ketua Umum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin maju sebagai capres pada Pemilu 2024, sebagaimana hasil Muktamar PKB.

Hal itu demi pentingnya menjaga martabat PKB di tengah usulan capres dari masing-masing partai.

Seperti Partai Gerindra yang saat ini berkoalisi dengan PKB, yang hendak mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai Capres 2024.

"Di situ seninya. Buat PKB dinamika seperti itu biasa. Karena kami menghormati kedaulatan partai masing-masing, tapi kita juga punya martabat. PKB martabat, punya misi. Di situ komprominya," jelas Jazilul.

"Saya pikir itu yang dilakukan oleh Gus Muhaimin, seni komunikasi membangun relasi, membuka pintu komunikasi dengan semuanya, tidak partai besar, tidak partai kecil," imbuhnya. [cob]

Baca juga:
Puan Sebut Dewan Kolonel Hanya Nama, Minta Pengurus Tetap Gerilya Menangkan Pilpres
Puan dan Cak Imin Bertemu, Sinyal Koalisi PKB-PDIP di 2024?
Kejutan Puan Maharani untuk Cak Imin
Prabowo: Keberhasilan Presiden Jokowi Tak Lepas dari Kinerja SBY & Megawati
Momen Puan Maharani Makan Bareng Cak Imin: Kesukaannya Sama, Jangan-Jangan Cocok
Cak Imin Usai Ziarah Bareng Puan Maharani: Minimal Saya Wapres, Partainya Kalah Gede

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini