PAN Klaim Mayoritas Fraksi Partai Dukung Pimpinan MPR Ditambah jadi 10 Kursi

Jumat, 23 Agustus 2019 18:44 Reporter : Ahda Bayhaqi
PAN Klaim Mayoritas Fraksi Partai Dukung Pimpinan MPR Ditambah jadi 10 Kursi Saleh Partaonan Daulay. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay menyebut sebagian besar partai merespons baik wacana penambahan kursi pimpinan MPR menjadi 10. Wacana tersebut sudah melewati pembahasan bersama seluruh fraksi dan perwakilan DPD.

Saleh mengklaim, partai yang merespons baik penambahan pimpinan adalah Gerindra, PKS, PPP dan PKB. Namun, dia tidak ingin menyimpulkan sudah ada kesepakatan.

"Ini ada arah yang positif untuk itu. Tetapi kita tidak bisa menyimpulkan keputusan-keputusan kita serahkan dulu kepada pimpinan fraksi dan partai politik," ujar Saleh di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Jumat (23/8).

Sementara, partai yang masih bersikap menolak adalah PDI Perjuangan dan Golkar. Saleh mengklaim belum ada karena pembicaraan tersebut belum secara resmi di rapat gabungan.

"Saya kira belum menolak lah mungkin masih ingin mendalami membahas lah. Karena menolak itu di rapat gabungan," ucapnya.

Rencananya Rapat Gabungan akan dilaksanakan pada 28 Agustus. Namun, Badan Pengkajian MPR meminta penambahan waktu. Sebab yang dibahas cukup banyak tidak hanya terkait perubahan tatib pimpinan, tetapi juga terkait rekomendasi amandemen UUD 1945.

"Hari ini badan pengkajian sudah meminta waktu perpanjangan. Perpanjangan waktu jangan tanggal 28 kasih waktu beberapa waktu lagi untuk memperdalam materi-materi," jelas Wasekjen PAN itu.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menyebut pihaknya mengincar pimpinan MPR. Dia berharap bergabungnya PAN untuk menguatkan posisi MPR.

"Kita ingin memiliki penguatan di parlemen salah satunya dengan kehadiran PAN di paket pimpinan MPR. Jadi ini sudah dibicarakan menyeluruh, lintas partai," ucapnya.

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Menteri Favoritmu, Mana yang Layak Dipertahankan? Klik disini [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini