Megawati Kembali Terpilih Menjadi Ketum PDIP Secara Aklamasi

Kamis, 8 Agustus 2019 20:33 Reporter : Ahda Bayhaqi
Megawati Kembali Terpilih Menjadi Ketum PDIP Secara Aklamasi Megawati. ©2014 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Megawati Soekarnoputri kembali terpilih sebagai ketua umum PDI Perjuangan secara aklamasi. Keputusan diambil dalam sidang paripurna Kongres V di Hotel Grand Inna Beach, Bali, Kamis (8/8).

Sidang dipimpin Ketua DPD PDIP Kepulauan Riau Soerjo Respationo. Pengurus PDIP dari seluruh wilayah Indonesia, dari zona Sumatera, Sulawesi, Papua, Pulau Jawa dan Bali, Kalimantan, Maluku dan Maluku Utara, Provinsi Aceh, dan perwakilan luar negeri, DPLN Zona Eropa dan Amerika Serikat, dan DPLN Zona Asia.

Sidang dilaksanakan dalam waktu yang cepat karena ketua umum terpilih secara aklamasi. Sehingga tidak perlu membacakan pertanggungjawaban DPP.

"Karena seluruh utusan menyatakan dapat diterima secara aklamasi, lalu segera diketok lalu dengan begitu DPP demisioner, lalu telah dipilih," ujar Megawati dalam jumpa pers usai sidang paripurna.

Dalam sidang tersebut, Megawati diminta kesediaan untuk memimpin PDIP masa bakti 2019-2024. Megawati menyatakan bersedia dan diambil sumpahnya.

Kemudian, Megawati Soekarnoputri membaca sumpah jabatan sebagai ketua umum PDI Perjuangan periode 2019.

"Janji jabatan. Satu, bahwa saya untuk diangkat sebagai Ketua Umum DPP PDIP masa bakti 2019-2024 akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila dan UUD 1945, AD/ART PDIP, piagam dan program perjuangan PDIP dan segala ketentuan partai yang berlaku," kata Megawati.

Dalam sumpah jabatan bagian kedua, Megawati mengatakan akan menjunjung tinggi kehormatan, martabat dan disiplin partai. Serta senantiasa mengutamakan keutuhan partai.

"Dua, bahwa saya akan menjunjung tinggi kehormatan, martabat dan disiplin partai, serta akan senantiasa mengutamakan keutuhan partai, keberhasilan program perjuangan partai daripada kepentingan pribadi," ujarnya.

Ketiga, Megawati mengatakan akan memegang rahasia partai yang menurut sifatnya rahasia.

"Empat, bahwa saya akan berusaha menyelesaikan segala permasalahan partai dengan asas kekeluargaan" lanjutnya.

Terakhir, Megawati menuturkan akan bekerja jujur adil rajin dan bersemangat mengutamakan kepentingan partai dan negara.

"Lima, bahwa saya, akan bekerja dengan jujur, adil, rajin dan bersemangat dan mengutamakan untuk kepentingan partai, negara dan bangsa.," tutupnya.

Dalam pidato singkat pengukuhan ketua umum, Megawati menyatakan terima kasih telah terpilih secara aklamasi.

"Terima kasih saya telah mendapat tugas berat disuruh lagi menjadi Ketua Umum PDIP. Meskipun berat sekali tapi karena saya berpikir demi kepentingan bangsa dan negara. Dan alhamdulillah saya diminta secara aklamasi oleh 34 DPD dan sekarang dengan penuh penghormatan dan kehormatan dipilih oleh utusan partai di dalam bagian AD/ART kita yaitu sebuah institusi tertinggi partai yg namanya kongres partai yang kelima," ucap Megawati mengawali pidatonya. [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini