Maju di Pilgub Kaltim, Rusmadi-Safaruddin mundur dari ASN dan Polri

Selasa, 9 Januari 2018 23:23 Reporter : Nur Aditya
Maju di Pilgub Kaltim, Rusmadi-Safaruddin mundur dari ASN dan Polri Rusmadi dan Safaruddin maju di Pilgub Kaltim. ©2018 Merdeka.com/Nur Aditya

Merdeka.com - Pasangan Sekda Kaltim Rusmadi Wongso dan Kapolda Kaltim Irjen Safaruddin memastikan mengundurkan diri sebagai aparatur sipil negara (ASN) dan anggota Polri saat mendaftar sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur, ke KPU Kaltim, Rabu (10/1) besok. Keduanya sudah mempersiapkan surat pengunduran diri.

Rusmadi mengatakan, keputusan DPP PDIP dan DPP Partai Hanura mengusung dia dan Safaruddin, sudah final. Namun demikian, keduanya masih berstatus sebagai ASN dan anggota Polri aktif.

"Ini sudah diatur Undang-undang No 10 tahun 2016. Itu tegas. Kami tentu besok mendaftar itu sudah akan mengundurkan diri. Surat sudah siap," kata Rusmadi, dalam keterangan dia, di Ruang Sungai Pinang, Hotel Bumi Senyiur, Jalan Pangeran Diponegoro, Samarinda, Selasa (9/1).

Rusmadi menegaskan, dia dan Safaruddin, akan patuh pada undang-undang yang berlaku. "Saya pensiun, memang waktunya pensiun. Apalagi mengundurkan diri? Mundur sendiri karena pensiun," timpal Safaruddin.

Rusmadi sempat ditanya tentang hubungan dia dengan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, pasca dia maju sebagai bakal calon Gubernur Kaltim periode 2018-2023. "Tidak ada masalah. Baik-baik saja," sebut Rusmadi.

Rusmadi kembali menegaskan, dia maju dalam kancah Pilgub Kaltim, bukan tanpa alasan kuat karena memang diminta masyarakat dan relawan. Rusmadi sendiri terus intens berkomunikasi dengan Awang Faroek, yang sudah dianggapnya sebagai atasan dan juga orangtuanya.

"Di sini saya buka. Memang ada catatan (dari Awang Faroek Ishak). Menerima (mengundurkan diri dan maju Pilgub) tapi harus jadi Cagub. Maka dari itu, saya putuskan maju Pilgub," ungkap Rusmadi.

Rencananya, Rabu (10/1), Rusmadi dan Safaruddin mendaftar ke KPU Kaltim sekira pukul 16.00 Wita, usai salat Asar. Iring-iringan akan berangkat dari halaman parkir GOR Segiri Samarinda. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini