Lihat Hasil Quick Count, PKB Yakin Dapat Posisi Tiga di Pemilu 2019

Kamis, 18 April 2019 16:38 Reporter : Merdeka
Lihat Hasil Quick Count, PKB Yakin Dapat Posisi Tiga di Pemilu 2019 daniel johan. ©istimewa

Merdeka.com - Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengaku bersyukur dengan hasil hitung cepat atau quick count Pileg 2019 dari berbagai lembaga survei yang menyebut partai itu lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold 4 persen. Meski begitu, PKB tetap berambisi untuk mengincar posisi ketiga.

"Sejauh ini PKB sangat bersyukur karena dari C1 yang sudah masuk dan terdata, PKB konsisten antara di posisi ketiga dan keempat. Target kami bisa duduk sebagai partai ketiga terbesar," tutur Daniel, Kamis (18/4).

Faktor pendongkrak elektabilitas PKB tentunya karena kerja keras para kader yang konsisten dekat dengan rakyat dan bersama-sama memperjuangkan harapan, termasuk petani dan nelayan.

"Dan yang juga sangat menentukan adalah doa dan dukungan para kiai dan Nahdliyin, karena solid dan menyatunya orangtua kami NU bersama PKB. Juga dukungan yang semakin kuat dari masyarakat nonmuslim karena mereka melihat PKB adalah jalan keluar untuk Indonesia sebagai partai yang memiliki akar keislaman yang kuat sekaligus kekuatan nasionalis bangsa," jelas dia.

Sejauh ini, data internal partai menyebut sumbangsih suara terbesar yang diperoleh PKB berasal dari Pulau Jawa. Kampanye ke pelosok dan desa-desa menjadi tombak utama meraih kepercayaan rakyat.

"Banyak agenda kerakyatan yang akan PKB perjuangkan (di DPR). Seperti peningkatan dana desa, RUU Pesantren. Intinya politik anggaran yang memastikan keadilan sosial terwujud, penguatan industri hilir rakyat maupun industri nasional," Daniel menandaskan.

Dari hasil quick count sejumlah lembaga survei, PKB berada di posisi keempat mengekor tiga besar secara berurutan yakni PDIP, Gerindra, dan Golkar.

Berikut hitung cepat Poltracking:

1.Partai Kebangkitan Bangsa [PKB] 10.42%
2.Partai Gerakan Indonesia Raya [Gerindra] 12.71%
3.Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [PDIP] 19.21%
4.Partai Golongan Karya [Golkar] 12.64%
5.Partai Nasional Demokrat [Nasdem] 8.50%
6.Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) 0.62%
7.Partai Beringin Karya [Berkarya] 2.17%
8.Partai Keadilan Sejahtera [ PKS] 7.83%
9.Partai Persatuan Indonesia [Perindo] 2.78%
10.Partai Persatuan Pembangunan [PPP] 4.48%
11.Partai Solidaritas Indonesia [PSI] 1.82%
12.Partai Amanat Nasional [PAN] 6.32%
13.Partai Hati Nurani Rakyat [Hanura] 1.64%
14.Partai Demokrat [PD] 7.69%
19.Partai Bulan Bintang [PBB] 0.86%
20.Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia [PKPI] 0.31%

TPS masuk: 94.30% [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini