Kubu Prabowo Klaim Menang Exit Poll, Sekjen PDIP Bilang '2014 Juga Terjadi'

Rabu, 17 April 2019 18:01 Reporter : Merdeka
Kubu Prabowo Klaim Menang Exit Poll, Sekjen PDIP Bilang '2014 Juga Terjadi' Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku tak khawatir dengan klaim sepihak dari kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Menurutnya, klaim tersebut juga pernah terjadi pada Pemilu 2014 lalu.

"Terhadap klaim sepihak kami tidak khawatir karena 2014 pun dulu juga terjadi. Bahkan sampai ada lembaga-lembaga survei yang kemudian mendapatkan sebuah sanksi karena ketidakmampuan mempertanggungjawabkan metodologi itu," ujar Hasto di kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4).

Hasto meminta publik lebih percaya quick count yang dikeluarkan oleh lembaga survei yang kredibel. Lebih dari itu, publik juga diminta hanya berpatokan pada hasil penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara manual.

"Karena itu, sejak awal kami mengedepankan bahwa semangat persatuan persaudaraan itu jauh lebih penting. Dari lembaga-lembaga independen, termasuk yang kami lakukan secara internal sekalipun, itu menunjukkan bahwa rakyat memberikan dukungan bagi Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin dengan angka dan selisih yang cukup jauh dengan Pak Prabowo dan Pak Sandi," tuturnya.

Karena itu, Hasto meminta kedua pihak yang bertarung di Pilpres 2019 tidak saling mengklaim. Sebab, penghitungan yang sah adalah yang dilakukan oleh KPU secara manual.

"Sebaiknya kita tidak saling klaim, karena nanti KPU yang memiliki kewenangan untuk mengambil sebuah keputusan politik berdasarkan rekapitulasi manual," katanya menandaskan.

Sebelumnya, BPN mengklaim Prabowo-Sandi unggul 55,4 persen dari Jokowi-Ma'ruf sebesar 42,8 persen. Hal itu didasarkan pada hasil exit poll atau survei pascapencoblosan yang dilakukan internal BPN Prabowo-Sandi.

Reporter: Nafiysul Qodar

Sumber: Liputan6.com [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini