Kawal Prabowo-Cak Imin, Massa Pendukung Gerindra-PKB Sempat Ricuh di KPU

Senin, 8 Agustus 2022 15:42 Reporter : Alma Fikhasari
Kawal Prabowo-Cak Imin, Massa Pendukung Gerindra-PKB Sempat Ricuh di KPU Prabowo-Cak Imin Daftarkan Gerindra dan PKB ke KPU. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar bersama-sama mendaftarkan Gerindra dan PKB sebagai calon peserta Pemilu 2024. Prabowo-Cak Imin datang menggunakan kemeja putih dan berpeci hitam sekitar pukul 15.03 WIB.

Kedatangan Prabowo-Cak Imin dikawal ribuan massa pendukung. Sempat terjadi kericuhan di depan kantor KPU setelah kedua elite partai tersebut masuk.

Pemicunya, ribuan pendukung memaksa masuk ke gedung KPU. Perdebatan terjadi antara massa dan petugas. Mereka kesal lantaran tidak dizinkan masuk oleh petugas keamanan KPU.

Pantauan merdeka.com, pendukung Gerindra-PKB sempat mendobrak pintu gerbang KPU. Petugas keamanan KPU dan polisi mencoba menenangkan massa. Kericuhan hanya terjadi beberapa saat sebelum akhirnya kondusif.

Situasi lalu lintas di depan kantor KPU juga macet parah. Kendaraan di depan Jalan Imam Bonjol terpantau tidak bergerak.

Polisi di lokasi tampak kesulitan menertibkan massa yang jumlahnya mencapai ribuan. Klakson dari kendaraan pun bersaut-sautan menimbulkan kebisingan.

Prabowo dan Cak Imin hadir didampingi sejumlah elite Gerindra dan PKB. Prabowo membawa beberapa elite Gerindra seperti Waketum Habiburokhman, Rahayu Saraswati, Sekjen Ahmad Muzani, Wasekjen Ahmad Dhani, Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad, Bendahara Fraksi Gerindra Novita Wijayanti.

Di kubu Cak Imin, ada Waketum PKB Jazilul Fawaid, Ida Fauziyah, Sekjen Hasanuddin Wahid, Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Daniel Johan, Abdul Halim Iskandar.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Jazilul Fawaid mengatakan, Prabowo-Cak Imin akan berjalan bersama menuju kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) saat mendaftarkan partainya sebagai calon peserta Pemilu 2024.

"Gus Muhaimin akan jalan bareng dengan Pak Prabowo menuju Kantor KPU," kata Jazilul dalam keterangannya.

Saat disinggung makna dari prosesi jalan bersama kedua ketum partai ini, Jazilul memastikan hal itu merupakan soft launching dari soliditas koalisi kedua partai.

"Apakah ini sebagai tanda Gus Muhaimin resmi berpasangan dengan Ptabowo? Ini soft launching lah. Yang jelas kita sepakat berkoalisi, capres-cawapres dari internal partai. Gus Muhaimin dan Pak Prabowo adalah dua kader terbaik di masing-masing partai," jelas Jazilul.

Baca juga:
OSO Pimpin Hanura Daftar jadi Partai Calon Peserta Pemilu 2024 ke KPU
KPU Wanti-Wanti Parpol Daftar Lebih Awal, akan Tolak Jika Dokumen Tidak Lengkap
Potret Ketum Hanura OSO Didampingi Relawan Berpakaian Adat saat Daftar ke KPU
Prabowo-Cak Imin Kompak Datang ke KPU

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini