Jokowi Tunjuk 12 Wakil Menteri, PAN Singgung Rencana Pemangkasan Eselon 3 dan 4

Jumat, 25 Oktober 2019 16:30 Reporter : Sania Mashabi
Jokowi Tunjuk 12 Wakil Menteri, PAN Singgung Rencana Pemangkasan Eselon 3 dan 4 Jokowi kenalkan wakil menteri kabinet indonesia maju. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk 12 wakil menteri (Wamen) untuk Kabinet Indonesia Maju. Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay, menyoroti langkah Jokowi tersebut.

Menurutnya, posisi 12 wamen itu tidak sejalan dengan gagasan Jokowi memangkas Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon 3 dan 4.

"Jadi nanti akan disisakan hanya eselon 1 dan 2. itu sebetulnya satu langkah yang progresif dan saya kira perlu dicoba," kata Saleh di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/10).

"Tapi pada sisi yang lain kita mendengar ada 12 yang sedang diperkenalkan di Istana untuk menjadi wakil menteri. Pertanyaannya apakah ini tidak bertentangan atau kontradiktif dengan gagasan Presiden untuk memangkas birokrasi di pemerintahan itu tadi," sambungnya.

Saleh menjelaskan, di kementerian, para menteri sudah dibantu oleh Direktur Jenderal, sehingga tidak perlu lagi ada wakil menteri. Tugas Dirjen, lanjutnya sudah setara dengan wamen.

"Dirjen-dirjen ini adalah pembantu menteri. Artinya sudah ada yang membantu di dalam itu. Nah sekarang ditaruh lagi wakil menteri yang tugasnya juga kelihatannya untuk membantu melancarkan tugas menteri. Nah nanti bagaimana ini job descriptionnya," ungkapnya.

Saleh menambahkan, jabatan wamen juga tidak diatur dalam APBN tahun 2020. Karena itu ia bingung darimana alokasi anggaran untuk wamen.

"Dalam pembahasan anggaran untuk APBN 2020 saya tidak menemukan ada nomenklatur anggaran untuk wakil menteri itu. Jadi tidak ada anggarannya yang dibahas. Persoalannya nanti anggaran in darimana," ucapnya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini