Jika Pemilu Hari Ini, PDIP dan Gerindra Paling Dipilih Masyarakat

Senin, 25 Maret 2019 18:00 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jika Pemilu Hari Ini, PDIP dan Gerindra Paling Dipilih Masyarakat Workshop PDIP di Jakarta. ©Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Lembaga Survei Charta Politika Indonesia merilis hasil elektabilitas partai politik di Pemilu 2019. Hasilnya, PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra menjadi pilihan masyarakat jika Pemilu dilaksanakan pada hari ini.

Survei Charta Politika Indonesia dilakukan pada 1-9 Maret 2019 melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Survei tersebut menggunakan 2.000 responden yang tersebar di 34 Provinsi dan menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of eror plus minus 2,19% dengan tingkat kepercayaan 95%.

"PDIP dan Partai Gerindra merupakan partai politik tertinggi pilihan masyarakat," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di kantornya, Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Adapun PDIP mendapatkan angka 24,8 persen. Sementara, Gerindra meraih 15,7 persen. Di bawah itu, disusul partai Golkar dengan angka 9,8 persen, PKB 7,2 persen, Partai Demokrat 5,1 persen, NasDem 4,9 persen dan PKS 4,1 persen. Kemudian ada PPP 3,6 persen dan PAN 3,2 persen.

Selanjutnya, kata Yunarto, parpol dengan suara dibawah dua persen adalah PSI 1,4 persen, Perindo 1,3 persen, Hanura 0,8 persen, PBB dan Berkarya 0,4 persen. Sementara, angka paling rendah didapat PKPI 0,3 persen dan Garuda 0,2 persen.

Dari hasil itu, ada 7 partai yang meraih suara di atas 4 persen atau lolos ambang batas parlemen (Parlementary Treshold). Namun, kata Yunarto, partai yang akan lolos ke parlemen bisa bertambah lantaran masih ada undicided voters setinggi 11 persen dan masing-masing partai masih melancarkan strategi di sisa masa kampanye.

"Jadi hitungan saya meski dalam survei itu ada 7 partai, akan ada 8-9 Partai yang kemudian lolos PT (Parlementary Treshold)," tandas Yunarto. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini