Janji Djarot Ciptakan Kader-kader PDIP Terbaik Melalui Sekolah Partai

Sabtu, 10 Agustus 2019 19:05 Reporter : Moh. Kadafi
Janji Djarot Ciptakan Kader-kader PDIP Terbaik Melalui Sekolah Partai Pengukuhan Pengurus DPP PDIP 2019-2024. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Djarot Saiful Hidayat kembali terpilih sebagai Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi di Kongres PDIP ke V, di Grand Inna Bali Beach, Sabtu (10/8). Dia menyatakan akan membuat sekolah partai untuk menghasilkan kader-kader terbaik dari PDIP.

"Saya diberikan tugas untuk membantu Ibu ketua umum (Megawati) di Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi. Maka kita akan lebih fokuskan lagi untuk membikin, menghidupkan dan merekrut kader-kader yang nanti ikut dalam diklat sekolah partai," kata Djarot, saat ditemui di area Kongres PDIP.

Djarot juga menjelaskan, ke depannya untuk menanamkan ideologi dan mempersiapkan kader untuk calon pemimpin adalah sekolah partai.

"Kemudian ada sekolah partai untuk kaderisasi, ada 3 tingkatan Pratama, Madya dan Utama untuk sekolah partai. Nanti akan ada sekolah partai yang kita bikin dan kita mempersiapkan calon-calon pemimpin yang ditugaskan di DPR, DPRD maupun Kepala Daerah," ungkapnya.

Djarot juga menjelaskan, untuk esensi PDIP jiwanya adalah ideologi. Namun, untuk proses kader tentunya akan dilakukan secara berjenjang sehingga menciptakan calon-calon pemimpin terbaik.

"Jadi kalau di PDIP itu kaderisasi berjalan secara berjenjang dan harus dimulai dari bawah. Jadi tumbuhnya pemimpin itu dari bawah dari itu mulai dari tingkat anak ranting, ranting dan itu atas dasar usulan. Makannya yang datang ini adalah utusan," ujarnya.

Djarot juga menjelaskan, untuk kader di PDIP sudah mulai anak-anak mudah. Karena sebagian besar yang akan menjadi pengurus di tingkat anak ranting hingga ranting adalah anak-anak muda yang mumpuni.

"PDI Perjuangan tidak akan pernah kehabisan kader-kader potensial. Karena sekarang ini gejalanya saya lihat data kami itu, yang ingin masuk jadi pengurus ranting itu sebagian besar anak-anak muda dan sarjana," ujarnya.

"Sekarang sudah mulai dan pendidikannya bagus, punya jiwa dan semangat dan punya ideologi yang kuat. Inilah proses secara berjenjang terus menerus. Makanya Ibu Megawati sudah bilang ada proses evaluasi ada proses kristalisasi kader-kader yang bagus. Dari kristalisasi calon pemimpin ini akan lahir pemimpin," ujarnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini