GP Ansor Klaim Siap Terjunkan 4,7 Juta Kader di Gerakan Rabu Putih

Kamis, 28 Maret 2019 21:37 Reporter : Purnomo Edi
GP Ansor Klaim Siap Terjunkan 4,7 Juta Kader di Gerakan Rabu Putih Ketua Umum Ansor Yaqut Cholil Qoumas. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Ketua Umum Ansor, Yaqut Cholil Qoumas atau kerap disapa Gus Yaqut akan mengadakan gerakan Rabu Putih pada 17 April 2019 mendatang. Gerakan Rabu Putih ini diklaim Gus Yaqut akan diikuti oleh 4,7 juta orang anggota GP Ansor di seluruh Indonesia.

Gerakan Rabu Putih sendiri merupakan ajakan kepada para anggota Ansor dan NU untuk beramai-ramai datang ke TPS dengan menggunakan baju putih dan mengawal pelaksanaan pemilu. Gerakan ini diinisiasi langsung oleh Gus Yaqut sebagai ketua GP Ansor

"Kita akan ajak seluruh komponen masyarakat untuk sama-sama berangkat ke TPS pakai baju putih. Coblos calon presiden dan wakil presiden berbaju putih (Jokowi-Maruf)," ujar Gus Yaqut di Mlangi, Sleman, Kamis (28/3).

Gus Yaqut menerangkan sebanyak 4,7 juta anggota GP Ansor akan digerakkan untuk menyukseskan gerakan Rabu Putih ini. Gus Yaqut menyebut gerakan Rabu Putih akan digelar di seluruh daerah di Indonesia.

"Kita punya 4,7 juta kader di seluruh Indonesia. Itu akan kita turunkan semua di Rabu Putih," tegas Gus Yaqut.

Gus Yaqut menjabarkan nantinya gerakan Rabu Putih ini akan terbagi kedua layer. Layer pertama berisi para anggota Banser dengan seragam komplitnya yang akan ikut menjaga TPS. Dengan diikutkannya Banser ini diharapkan ancaman, intimidasi dan provokasi yang terjadi di TPS bisa diminimalisir.

"Kita akan bagi dua layer. Yang pertama petugas. Itu kita minta untuk memakai seragam Banser mengamankan TPS agar tidak ada intimidasi, tidak ada provokasi, tidak ada tekanan-tekanan selama orang mau menggunakan hak pilihnya di TPS," papar Gus Yaqut.

Layer kedua, kata Gus Yaqut, akan berisi orang-orang yang mengenakan baju putih. Layer ini bertugas mengajak orang untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak golput di 17 April 2019 mendatang.

"Yang tidak sedang bertugas kita minta untuk pakai baju putih mengajak semua sanak saudara, tetangga pokoknya semua yang bisa diajak untuk berangkat ke TPS ini untuk meminimalisir golput," urai Gus Yaqut. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini