Ferdinand Hutahaean: Demokrat Resmi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Senin, 12 Agustus 2019 16:14 Reporter : Sania Mashabi
Ferdinand Hutahaean: Demokrat Resmi Dukung Jokowi-Ma'ruf Ferdinand Hutahaean. ©2019 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, partainya telah memutuskan untuk mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan wakilnya Ma'ruf Amin di periode 2019-2024. Hal itu, kata dia, sudah diputuskan sejak 40 hari meninggalnya Istri Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono.

"Jadi kalau ditanya ke mana arah politik partai Demokrat ya arahnya adalah untuk memperkuat pemerintahan Pak Jokowi ke depan," kata Ferdinand pada wartawan, Senin (12/8).

Ferdinand, menegaskan, keputusan itu sudah resmi, tapi memang belum diumumkan.. Hanya tinggal menunggu waktu saja kapan akan diumumkan secara resmi sikap tersebut.

"Ya itu (dukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf) sikap resmi dan opsi terdepan. Tapi semua kembali ke Pak Jokowi kapan? Sikap itu sudah resmi diputuskan pasca 40 hari berkabung, Demokrat meski tak diumumkan secara resmi karena menunggu disampaikan secara formal pada saat yang tepat," ungkapnya.

Meski begitu, Demokrat menyerahkan sepenuhnya keputusan koalisi pada Jokowi. Kata Ferdinand, jika Jokowi mengajak Demokrat bergabung, maka Demokrat akan segera merapat ke pemerintahan.

"Sikap tersebut kita kembalikan pada Pak Jokowi karena Pak Jokowi adalah pemegang haknya, beliau lah yang diamantkan oleh konstitusi sebagai pemegang hak prerogatif dan kita hormati itu. Maka, kalau pak Jokowi akan mengajak Partai Demokrat kita akan siap mendukung beliau," ucapnya.

Tambahnya, saat ini juga partainya masih terus membangun komunikasi dengan partai koalisi Jokowi. Komunikasi itu dilakukan oleh SBY dan putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Iya, namun akan disampaikan secara resmi pada saat yang tepat nanti baik oleh ketum langsung atau oleh sekjen karena komunikasi masih berlangsung terus dengan pihak 01 stau dengan Pak Jokowi," tandasnya. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Partai Demokrat
  3. Jokowi
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini