Fadli Zon Setuju Referendum Pemindahan Ibu Kota

Kamis, 22 Agustus 2019 18:34 Reporter : Sania Mashabi
Fadli Zon Setuju Referendum Pemindahan Ibu Kota vertikal fadli zon. ©2019 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon setuju dengan usulan referendum terkait wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Usulan ini diungkap oleh eks cawapres Sandiaga Salahuddin Uno.

"Kajian itulah yang disosialisasikan kepada masyarakat. Saya kira ada bagusnya juga. Kalau perlu diadakan referendum ya, seperti usulan itu, agar ada pendapat masyarakat. Apa sih pendapat masyarakat? Apakah memang perlu pindah ibu kota atau tidak?" kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8).

Fadli menilai, memang diperlukan kajian yang komprehensif soal pemindahan ibu kota ini. Serta juga harus dilakukan berdasarkan aturan yang sudah ada.

"Ya itulah menurut saya ini tanpa ada satu kajian yang mendasar, mendalam, hanya mengikuti, saya enggak tahu mengikuti apa itu ya. Tapi kalau ada satu rencana, planning, tentu ada kajiannya," ungkapnya.

Kendati demikian, Fadli berharap pemindahan ibu kota ini juga memikirkan kondisi di masyarakat. Pasalnya sekarang kondisi Indonesia ini sedang tidak baik.

"Mungkin lebih fokus dulu lah perbaiki dulu persoalan kemiskinan, pengangguran, ketahanan pangan kita, ketahanan energi kita, utang kita. Ini fokus dulu di situ, baru bicara pemindahan ibu kota. Jadi jangan ada satu cara berpikir yang melompat gitu lho," ucapnya.

Sebelumnya, Mantan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengusulkan referendum terkait pemindahan ibu kota. Sandi menilai seharusnya semua warga Indonesia dilibatkan dalam pengambilan keputusan memindahkan ibu kota ke Kalimantan.

"Kalau saya melihatnya karena ini sangat strategis buat referendum, sampaikan seluruh warga Indonesia setuju enggak pindahkan ibu kota? Sehingga kita jadi bagian dari pengambilan keputusan tersebut," kata Sandi dalam diskusi di Gedung Juang 45, Menteng, JakartaPusat, Kamis (22/8).

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Menteri Favoritmu, Mana yang Layak Dipertahankan? Klik disini [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini