Fadli Zon Minta Kasus Pembakaran Kotak dan Surat Suara di Puncak Jaya Diusut

Rabu, 24 April 2019 19:33 Reporter : Sania Mashabi
Fadli Zon Minta Kasus Pembakaran Kotak dan Surat Suara di Puncak Jaya Diusut Penyimpanan Logistik Pemilu 2019. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyayangkan aksi pembakaran kotak dan suara di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Dia pun meminta kasus tersebut diusut tuntas.

"Saya kira itu sebuah hal yang harus kita sayangkan. Apalagi ada videonya dan kalau itu asli dan benar-benar terjadi itu sebagai bencana dan penghinaan terhadap sistem demokrasi kita. Tanggung jawabnya apa penyelenggara pemilu dan pihak keamanan. Ini harus diusut tuntas," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/4).

Menurutnya, kasus tersebut sebenarnya bisa diantisipasi dengan baik oleh penyelenggara pemilu. Mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai penyelenggara serta Polri sebagai penjaga keamanan Pemilu 2019.

"Lantas apa tugasnya penyelenggara pemilu. Kpu dan Bawaslu di mana, polisi di mana yang katanya mengamankan pemilu," ungkapnya.

"Jadi jangan hanya mengamankan di kota kemudian di daerah dibiarkan. Seharusnya di sana dong, mengamabkan agar sesuai konstitusi," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar video viral di media sosial pembakaran kotak dan surat suara diduga terjadi di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Hasil penyelidikan dilakukan polisi kotak dan surat suara dibakar itu merupakan dokumen Pemilu tak terpakai.

"Dokumen yang dibakar oleh masyarakat di depan kantor Distrik Tingginambut adalah sisa dokumen-dokumen Pemilu yang sudah tidak butuhkan lagi dan sudah dibuatkan Berita Acara Pemusnahannya," kata Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin Siregar dalam keterangannya kepada merdeka.com, Rabu (24/4).

Dalam video yang berdurasi kurang lebih 5 menit 7 detik itu, terlihat tumpukan surat dan kota suara yang sedang terbakar dan diduga sebagai logistik Pemilu 2019.

Selain itu, terlihat juga seorang ibu dan anak yang sedang membuang sejumlah surat suara ke arah tumpukan tersebut.

Ada juga suara dari orang yang merekam video tersebut dan menyebutkan bahwa "Selamat siang. Inilah tempat pembakaran kotak suara maupun surat suara di Distrik Tingginambut. Masyarakat melakukan pembakaran, tolong teman-teman viralkan di media sosial." [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini