Elektabilitas Prabowo-Erick Thohir Teratas di Survei, Ini Kata Indikator Politik

Rabu, 5 Oktober 2022 19:45 Reporter : Merdeka
Elektabilitas Prabowo-Erick Thohir Teratas di Survei, Ini Kata Indikator Politik Ajudan Prabowo Bicara Pengabdian Sang Petarung Jaga Pertahanan Negara. Instagram rizky_irmansyah ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, pasangan Prabowo-Erick Thohir mendapat suara tertinggi yakni 37,3 persen. Menyusul kemudian pasangan Ganjar Pranowo-Puan Maharani dengan 34,4 persen. Kemudian, pasangan Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil dengan raihan suara 10,8 persen.

Survei terkait potensi capres-cawapres untuk Pilpres 2024 dilakukan dengan memunculkan tiga poros pasangan.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan, tingginya elektabilitas Prabowo-Erick lantaran menjadi figur yang disenangi masyarakat. Kerja-kerja keduanya sebagai Menteri Pertahanan dan Menteri BUMN mendapat persepsi positif dari publik.

"Temuan survei ini menunjukkan kedua figur tersebut dilihat sebagian besar publik sebagai pasangan calon saling melengkapi satu sama lain," kata Bawono.

2 dari 2 halaman

Selain penilaian dari basis kinerja, dia mengatakan, karakteristik keduanya juga sangat dikagumi masyarakat. Sebab mereka dinilai sebagai dua figur nasional yang memiliki ketulusan hati dan dedikasi tinggi dalam mengurus negeri ini.

"Karakter ketegasan dimiliki oleh sosok Prabowo Subianto dilengkapi dengan karakter kecakapan komunikasi dimiliki oleh Erick Thohir," terang Bawono.

Dia menilai, latar belakang pengalaman Prabowo di dunia militer akan menjadi lengkap jika berpasangan dengan Erick Thohir. Apalagi diketahui kini, kinerja keduanya turut berdampak positif langsung terhadap Kementerian BUMN.

"Latar belakang sebagai tokoh partai politik dimiliki oleh Prabowo Subianto dilengkapi latar belakang non partai politik dimiliki oleh Erick Thohir. Selain itu boleh jadi publik juga melihat kedua figur ini merupakan dua menteri menonjol dari jajaran menteri kabinet saat ini," ujar Bawono.

Baca juga:
PKS Nilai Janji Anies Pada 2019 Tak Berlaku di Pilpres 2024
Akbar Tandjung Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden
Prabowo Bertemu Ridwan Kamil, Fadli Zon Sebut Opsi Dipasangkan di Pilpres Terbuka
Demokrat DKI Sebut Rekam Jejak Anies Selaras dengan Nilai yang Diperjuangkan Partai
PKS Ungkap Nama Cawapres Potensial untuk Dampingi Anies Baswedan
Ketua DPW Sumbar Bicara Kemungkinan PKS Usung Anies: Kita Tunggu Ya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini