Duet dengan Sekda Kaltim Rusmadi, Irjen Safarudin deklarasi jadi cawagub

Selasa, 9 Januari 2018 23:13 Reporter : Nur Aditya
Rusmadi dan Safaruddin maju di Pilgub Kaltim. ©2018 Merdeka.com/Nur Aditya

Merdeka.com - Sekda Provinsi Kalimantan Timur Rusmadi Wongso, dan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Safaruddin, mengumumkan diri maju di Pilgub Kaltim, malam ini. Berbekal dukungan PDIP dan Partai Hanura, keduanya akan mendaftarkan diri di KPU Kaltim, Rabu (10/1).

PDIP sendiri memiliki 10 kursi di DPRD Kaltim. Dengan menggandeng Hanura yang memiliki 4 kursi, syarat pencalonan pun terpenuhi.

"Kami mewakafkan diri, untuk Kaltim. Rasanya tidak berlebihan. Saya birokrat, dan Pak Safaruddin sebagai perwira tinggi Polri," kata Rusmadi, dalam keterangan pers di Ruang Sungai Pinang, Hotel Bumi Senyiur, Jalan Pangeram Diponegoro, Samarinda, Selasa (9/1) malam.

Rusmadi sendiri, pada 4 Januari 2018 lalu, sempat menyatakan mundur dari kancah Pilgub Kaltim.

"Mungkin ini kita bisa katakan ini tangan Tuhan yang hadir. Jujur 4 januari tidak lanjut. Tapi doa relawan, masyarakat minta saya terus maju. Pada akhirnya, PDIP dan Hanura menugaskan sy utk maju Pilgub," ujar Rusmadi.

Sementara, Safaruddin mengaku tidak masalah, dia menjadi bakal calon Wakil Gubernur Kalimantan Timur. "Ini adalah akhir dari keputusan yang kita harus jalankan. Saya bilang ke Pak Rusmadi, tidak masalah saya bukan Gubernur," ujar Safaruddin.

Dalam kesempatan itu juga, Sekretaris DPD PDIP Kalimantan Timur Ananda Emir Moeis menerangkan, awalnya memang, Minggu (7/1) lalu, Safaruddin hanya berbekal surat tugas dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Awalnya surat tugas dulu kepada Pak Safaruddin. Lalu diminta partai mencari partai koalisi, mencari pasangan," kata Ananda.

Ananda sendiri sempat mengira, Safaruddin yang jadi bakal calon gubernur dari PDIP. "Sempat saya pikir Pak Safaruddin jadi calon Gubernur. Setelah itu, Pak Safaruddin dan Pak Rusmadi bertemu di Jakarta," ungkap Ananda.

"PDIP dan Hanura, kita diminta mengamankan, memenangkan keduanya. Mulai dari kabupaten sampai di TPS," ujar Ananda. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini